Resensi Buku Kisah Tanah Jawa Kedua – Jagat Lelembut


Akhir-akhir ini, Javanica (sebutan bagi pengemar konten-konten Kisah Tanah Jawa) dimanjakan dengan terbitnya buku kedua dari Kisah Tanah Jawa yang berjudul Jagat Lelembut. Buku ini merupakan lanjutan dari buku pertama yang berjudul Kisah Tanah Jawa, The Lost Book. Sama dengan kakaknya (si buku pertama) yang masuk 10 top best seller penjualan, si adik (Jagat Lelembut) juga berhasil memasuki jajaran buku paling laris terjual dan kini memasuki cetakan kedua.

Sampul depan buku Kisah Tanah Jawa Jagat Lelembut

Buku Jagat Lelembut menceritakan kembali mengenai ekspedisi-ekspedisi yang telah dilakukan oleh tim Kisah Tanah Jawa terutama ketika telah menjalin interaksi dan komunikasi dengan berbagai sosok makhluk astral yang ada di lokasi ekspedisi. Buku juga mengungkapkan sejarah dari beberapa sosok astral baik yang fenomenal maupun yang jarang terdengar oleh masyarakat.

Salah satu makhluk astral yang menarik untuk dikisahkan adalah sosok siluman rubah berekor sembilan (kalau tidak salah) bernama Kitsune. Kitsune adalah sosok jin tua yang berusia lebih dari 3000 tahun. Konon, sosok ini dipercaya membawa kekuatan dan kejayaan bagi pasukan Jepang. Saat ini, Kitsune terkurung di sebuah ruangan yang ada di kawasan Gua Jepang Selatan, Yogyakarta. Tidak dikisahkan secara detail mengenai bagaimana bisa sosok siluman jin tersebut bisa terbawa hingga ke Indonesia bahkan terkurung di Gua Jepang. Tapi seperti yang kita ketahui dalam sejarah bahwa Jepang dahulu pernah datang dan menjajah berbagai negara asia termasuk Indonesia. Meskipun Jepang tidak lama menduduki Indonesia, namun kedatangan dan apa saja yang dilakukan Jepang terhadap Indonesia tidak bisa dilupakan oleh sejarah begitu saja. Sosok siluman rubah ekor sembilan ini hanya diceritakan dan digambarkan dalam satu halaman. Mengenai cerita sejarah detailnya, bisa jadi kisah mengenai sosok ini adalah bagian dari untold story atau tidak boleh untuk diceritakan.

Ketika membaca sosok Kitsune, saya langsung teringat anime Naruto. Apakah cerita Naruto terinspirasi oleh sosok ini?

Kitsune, sosok siluman rubah ekor sembilan

Cerita lain dari buku ini adalah mengisahkan sosok-sosok jin yang berkuasa di pesisir pantai selatan dan mitos keberadaan mereka benar-benar dikenal oleh masyarakat Jawa hingga sekarang. Sosok-sosok ini antara lain adalah Gusti Kanjeng Ratu Hajjah Kenconosari, Kanjeng Nyai Riyo Kidul, dan Kanjeng Nyai Roro Kidul. Kisah mengenai sosok-sosok ini selain dijelaskan di dalam buku, juga sempat disinggung di video Youtube ketika tim Kisah Tanah Jawa berkolaborasi dengan Raditya Dika dan juga konten video Kisah Tanah Jawa sendiri yang berjudul Titik Temu Ibu Ratu.

Masih banyak sosok-sosok astral yang dideskripsikan pada buku yang full color ini. Suguhan gambar yang menarik membuat pembaca mendapatkan contoh gambaran mengenai berbagai macam sosok astral sehingga sangat disayangkan jika saya menampilkan spoilers di sini. Tujuan buku ini antara lain adalah untuk mengenalkan sosok-sosok astral serta mengabadikan kisah sejarah yang pernah “mereka” lalui.

Identitas Buku

Judul Buku : Kisah Tanah Jawa Jagat Lelembut, datang tak dijemput, pulang minta diantar

Penulis: Mada Zidan, Bonaventura D. Genta, Hari Hao

Penerbit : Gagasmedia

Tahun terbit : Pertama, 2019

Tebal buku : 201 halaman

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.