Cara Membuat Koneksi PHP yang Terhubung dengan Database MySQL Xampp


Cara membuat Koneksi PHP yang Terhubung dengan Database MySQL Xampp

Kali ini kita akan belajar untuk membuat koneksi program PHP dengan database. Koneksi ini diperlukan untuk aktivitas Create, Read, Update, and Delete (CRUD) yang dapat dilakukan oleh program PHP kita kemudian hari. Untuk melakukan aktivitas CRUD, kita perlu membuat koneksi dengan database terlebih dahulu.

Langkah pertama adalah membuat file baru dengan nama koneksi.php dan disimpan pada folder C:\xampp\htdocs. Berikut ini adalah kode yang harus diketik pada program PHP untuk menghasilkan koneksi dengan database.

Berikut adalah penjelasan dari kode PHP di atas:

Kita perlu membuat empat variabel untuk menampung nama host, username dan password host, serta nama database yang telah dibuat. Di sini saya menulis “localhost” sebagai hosting saya karena saya menggunakan database MySQL xampp. Username dan password yang saya isi adalah username dan password default. Sedangkan variabel database saya isi dengan nama database yang saya buat di xampp dengan nama “ppmalhusna”.

Selanjutnya adalah membuat variabel bernama $koneksi yang berisi syntax mysqli_connect(). Syntax ini berfungsi untuk menghubungkan dengan database MySQL xampp.

Langkah selanjutnya adalah membuat kondisi yaitu jika (!$koneksi) atau jika program gagal terhubung dengan database maka program akan menghasilkan tulisan yang sudah diprogramkan. Begitu juga sebaliknya.

Jika program koneksi.php di atas dijalankan. Maka hasilnya adalah sebagai berikut.

Selamat mencoba! 🙂

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.