Cara Memaksimalkan Kompetensi Karyawan Dengan Competency Management


Competency Management merupakan suatu metode pengkategorian dan pelacakan kualifikasi agar karyawan dapat lebih kompeten. Kompetensi yang dimaksud di sini dapat berupa apapun seperti kelancaran berbahasa Inggris atau keterampilan dalam teknologi menggunakan Photoshop, misalnya.

Perusahaan dapat mengimplementasikan software Competency Management untuk mengidentifikasi kompetensi yang ada. Dengan software Competency Management, perusahaan dapat menetapkan, menilai, atau melacak keterampilan dan pengalaman SDM yang diperlukan untuk aktivitas mereka di kantor. Oleh karena itu, perusahaan dapat mendeteksi peran kunci yang dapat memicu kinerja mereka untuk mencapai tujuan bisnis.

Karyawan berpengetahuan luas, terampil dan terlatih sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. Meningkatkan kompetensi memungkinkan perusahaan untuk tetap beradaptasi dan kompetitif, pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan pendapatan yang lebih besar. Ini dapat dengan mudah dicapai dengan sedikit atau tanpa biaya, selain waktu dan perhatian ekstra. Mengingat manfaatnya jauh lebih besar daripada biayanya, meningkatkan kompetensi karyawan adalah peluang yang harus diraih oleh setiap pemberi kerja.

1.    Pelatihan

Cara sederhana dan murah untuk meningkatkan kompetensi karyawan adalah melalui sesi pelatihan reguler. Pelatihan tidak selalu mengajarkan keterampilan baru yang dapat memberikan umpan balik dan bantuan yang konstruktif untuk meningkatkan keterampilan saat ini.

Hal ini memungkinkan karyawan untuk melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka, membuka pintu untuk kesempatan belajar lebih banyak begitu mereka memiliki dasar yang kuat.

2.    Pelatihan Sukarela

Untuk meningkatkan kompetensi, karyawan membutuhkan sumber daya dan motivasi. Sumber daya ini dapat berasal dari seminar pembelajaran, program e-learning, manual, buku atau artikel untuk beberapa nama. Namun, perlu ada manfaat nyata yang terlibat.

Misalnya, jelaskan bahwa karyawan yang memanfaatkan pelatihan kompetensi memiliki peluang lebih besar untuk maju melalui promosi atau kenaikan gaji. Bonus berbasis kinerja juga merupakan cara yang efektif untuk mendorong pekerja untuk membangun keterampilan mereka.

Baca Juga : 8 Cara mudah menerapkan sistem manajemen kompetensi

3.    Pekerjaan Membayangi

Bayangan pekerjaan adalah praktik umum untuk karyawan baru yang dapat sama efektifnya bagi karyawan veteran yang ingin maju. Kuncinya di sini adalah mengidentifikasi karyawan berkinerja terbaik dan meminta karyawan lain untuk mengamatinya jika memungkinkan.

Pada saat yang sama, mereka yang dibayangi mendapat kesempatan untuk melatih orang lain, kompetensi baru itu sendiri. Pekerja juga dapat membayangi kolega yang menempati level lebih tinggi dalam organisasi, menunjukkan kepada peserta pelatihan apa yang mereka lakukan dan bagaimana akhirnya naik ke posisi yang sama.

4.    Tantangan

Tanggung jawab yang meningkat efektif untuk moral dan meningkatkan kompetensi. Menambahkan elemen tantangan tambahan akan memberi karyawan sesuatu yang baru untuk dilakukan, memaksa mereka untuk mempertajam keterampilan mereka saat ini sambil secara bersamaan membangun yang baru. Ini dapat dilakukan dengan banyak cara, tetapi beberapa contoh termasuk proyek khusus, tim terkemuka, mengadakan seminar dan pelatihan atau melatih karyawan baru.

Itulah beberapa cara memaksimalkan kompetensi karyawan yang dapat dicoba .

Untuk lebih memakasimalkan kompetensi yang dimiliki karyawan anda dapat menggunakan software Competency Management milik LinovHR yang sudah terjamin kualitasnya sekarang juga.

Dengan Competency Management dari LinovHR manajemen dapat dengan mudah untuk mengukur dengan jelas secara komperhensif kompetensi apa saja yang harus dikuasai berdasarkan kebutuhan masing-masing unit kerja, sehingga setiap Unit kerja akan dapat berkonstribusi maksimal untuk kemajuan perusahaan .

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.