Kenangan Tanggal Tujuh


Sumber gambar : Unsplash

Selamat ulang tahun, Itsna!

Masih dalam nuansa ulang tahun yang sudah saya posting sebelumnya di sini, saya tiba-tiba teringat dengan salah satu teman masa SMP. Dia bernama Jasmin. Orangnya cantik lagi pintar. Tubuhnya juga ideal. Dia seperti terlihat sempurna sampai-sampai mata minusnya tertutupi dengan kesempurnaannya.

Kami bersekolah di SMP Al Azhaar. Waktu zaman kami masih sekolah, murid-murid biasa melakukan rutinitas solat jamaah yang memang sudah menjadi agenda full day school. Kondisi sekarang sudah berbeda. Murid di SMP Al Azhaar semakin banyak. Jadi, kami harus solat di hall sekolah yang dikepung oleh kebun jagung yang luas nan sejuk. Saya dan Jasmin masih menangi transisi antara solat di aula lantai dua menuju hall lantai satu.

Kami berdua sedang menunggu waktu solat dhuhur di aula lantai dua pada sekolah. Kami berdua berdiri tepat di salah satu jendela aula yang menghadap kebun jagung yang tingginya sekitar dua meter. Jasmin dengan polosnya melantunkan beberapa potong lagu. Saya tidak tahu judul lagu apa yang ia nyanyikan. Tapi saya bisa menirukan apa yang ia nyanyikan. Akhirnya, kami bernyanyi berdua menghadap tanaman jagung dari balik jendela.

Deloken its tegang kabeh penontone” (Lihatlah its tegang semua penontonnya) ujarnya sambil menunjuk tanaman jagung yang diam mematung seakan-akan seluruh tanaman jagung di kebun tersebut sedang terpaku menikmati nyanyian kami. Entah percakapan apa lagi yang kami lontarkan di balik jendela waktu itu, tiba-tiba saya menyelutuk mengenai tanggal kelahiran saya.

“Min…”

“Apa Its?”

“Coba deh pikir. Tanggal ulang tahunku semuanya angka ganjil.”

“Terus kenapa?”

“Ya kok bisa kebetulan ganjil. Coba deh dieja. 7 1 1 1 9 9 7. Semua angkanya ganjil, Min.” ujarku menyampaikan pendapat.

“Oooo itu artinya hidupmu memang penuh dengan keganjilan.” tutupnya disambut dengan tawa kami berdua.

Btw, karena tidak terbiasa menjadi sosok “romantis”, saya tidak mengingat detail atau mencatat tanggal lahir teman-teman saya. Saya tidak ingat tanggal lahir mereka kecuali tanggal lahir yang dirasa spesial atau berkaitan dengan peristiwa tertentu. Contohnya adalah ulang tahun Jasmin setiap tanggal 14 Februari. Bertepatan dengan hari valentine sih. Jadi, meski sudah hampir tiga tahun tidak pernah bertemu kecuali ketika reuni, saya masih mengingat betul tanggal ulang tahunnya. 😀

Iklan

2 respons untuk ‘Kenangan Tanggal Tujuh

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s