Selamat ulang tahun, Itsna!


Hari ini memang bukan hari kelahiran seorang tokoh besar. Tapi, hari ini adalah hari kelahiran seseorang yang kelak akan menjadi orang besar dan mampu menebar manfaat bagi orang lain. 7 November 2018. Sebuah momentum untuk mengenang bahwa saya sudah tua – jika dibandingkan dengan kawan-kawan kuliah dan sebagai pengingat bahwa umur saya di dunia ini sudah berkurang satu tahun.

Karena bukan merupakan tradisi, acapkali saya mengabaikan apa itu hari ulang tahun. Saya tidak ingat hari ulang tahun teman-teman saya. Terlebih ulang tahun saya sendiri. Saya memang jarang memeriahkan hari kelahiran. Keluarga saya tidak serta merta merayakan hari ulang tahun. Orang tua saya saja lupa dengan ulang tahun saya sendiri.

Saya teringat bahwa hari ini adalah hari ulang tahun saya setelah salah satu teman kuliah mengirim chat Whatsapp sekitar pukul 8 pagi. Isi chat teman saya tidak lain adalah ucapan selamat ulang tahun.

Barakallah fii umrik itsnaa, Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik buat kamu ya {}{} -Novita.

Awalnya saya tidak ngeh. Lama-lama saya nyadar juga bahwa saya sekarang sudah berumur 21 tahun.

Barakallah fii umrik temenku yang super sabar. Semoga selalu diberi yang terbaik yaa itsna. Dilancarin kuliahnya. Semoga bisa cepet ngebahagiain orang tua. Dan sabar selalu {}{}{} -Hestika.

Saya hanya bisa tersenyum sembari mengamini doa teman-teman semua.

Ketika sedang berselancar di dunia maya, saya iseng membuka halaman Google. Setelah selesai loading, saya terkejut melihat tampilan logo Google yang berubah menjadi lilin dengan setiap karakter huruf. Lucunya, setiap karakter huruf Google yang berubah menjadi lilin tersebut memiliki mata berkedip dan kaki. Ketika kursor sengaja diarahkan ke logo tersebut, akan muncul tulisan “Selamat ulang tahun Itsna!”.

Untitled

Wajar sih kalau Google tahu kapan ulang tahun saya. Secara Google adalah sebuah sistem teknologi. Pasti ingat dong pernah menginputkan identitas diri seperti tanggal lahir dalam membuat akun email di Google?

1

Tidak berhenti sampai disitu, saya mengklik logo Google yang berbentuk lilin tersebut. Ternyata, saya diarahkan ke pencarian “7 November”. Hasil pencarian nomor satu adalah Wikipedia. Sisanya adalah ramalan-ramalan tidak penting. Keisengan masih berlanjut. Saya klik hasil pencarian pertama tersebut. Wikipedia langsung menyajikan data peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tanggal 7 November. Sekarang saya jadi tahu bahwa pada 7 November 1945 PKI didirikan di Cirebon dan berdirinya partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) di Yogyakarta, serta 7 November 2012 Barack Obama memenangkan Pemilihan Umum di USA untuk menjabat presiden periode kedua

~

Oiya, jadi teringat saudara sepupu sekaligus sahabat baik saya yang mengucapkan ulang tahun mendahului semua orang. Dia mengucapkan ulang tahun pada tanggal 7 Oktober 2018. Aku hanya bisa terkekeh sendiri membaca pesannya.

“Selamat ulang tahun itsna tanggal 7 Oktober 2018 blablablabla……..” (lupa kemarin dia nulis apaan di chat. Pokoknya selazimnya doa ucapan ulang tahun)

“Lho kak aku belum ulang tahun.”

“Bukannya hari ini?”

“Ulang tahunku bulan November kak. Ini kan masih Oktober.”

“Oiya deng. Lupa! Yaudah ucapannya disimpen buat bulan November kalo gitu.”

Iklan

5 respons untuk ‘Selamat ulang tahun, Itsna!

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s