Resensi Buku Lambe Akrobat – Kisah Geng Koplo dan Keluarga Hansip


Resensi Buku Lambe Akrobat – Kisah Geng Koplo dan Keluarga Hansip

Identitas buku

Judul   : Lambe Akrobat – Kisah Geng Koplo dan Keluarga Hansip

Penulis : Agus Mulyadi

Penerbit           : Buku Mojok

Tahun terbit    : Cetakan pertama, Mei 2018

Tebal buku      : 165 halaman

Dimensi          : 20 x 13 cm

Sinopsis

Buku karya Agus Mulyadi ini bercerita tentang serba serbi keluarga kecil Agus yang dulunya hidup pas-pasan. Banyak kisah yang unik dari keluarga kecil Agus – sang penulis. Salah satu kisahnya adalah ketika emak dan bapak Agus biasa memanggil satu sama lain dengan sebutan “Jo”. Bagi orang awam, mereka akan penasaran dengan maksud dari panggilan tersebut di saat pasangan lain memiliki panggilan lazim seperti “sayang”, “beb”, “ayah ibu”, dan sebagainya. Agus sampai kewalahan dalam menjawab pertanyaan teman-temannya ketika pertama kali main ke rumah Agus dan mendapati kemesraan bapak dan emak Agus dengan panggilan Jo. Usut punya usut, ternyata kata “Jo” berasal dari kata bojo yang dalam bahasa Jawa memiliki arti suami/istri. Panggilan Jo ini sudah dipraktikkan oleh orang tua Agus semenjak hari pernikahan.

Kadang saya merasa geji juga dengan panggilan ini, Jo (dengan pelafalan o penuh) terdengar sangat barat, sangat identik dengan nama bule, Joe. Tentu semua tahu, banyak tokoh luar yang punya nama dengan awalan Joe ini: Joe Hart, Joe Satriani, Joe Cole, dan sebagainya. –Lambe Akrobat halaman 56.

Saking seringnya ditanyai mengenai asal usui nama panggilan ini, terkadang Agus menjawab sekenanya. Ketika ditanya, Agus pernah menjawab ngawur dengan mengatakan bahwa nama bapak dan emaknya memang mengandung “Jo”.

“Memangnya siapa nama bapak dan emakmu, Gus?”, tanya salah seorang kawan dengan penuh harap.

“Jonathan dan Josephine!” jawab Agus cuek.

Kisah lainnya adalah mengenai pembalasan dendam dalam memiliki celana dalam. Dahulu kala ketika masih hidup pas pasan, Agus biasa memakai celana rumahan seharga dua ribu lima ratusan alias ceban dapat empat. Harga menentukan kualitas. Jika barangnya murah, maka dapat dipastikan kualitasnya juga murahan. Celana dalam yang dimiliki Agus waktu itu desainnya tidak aerodinamis, panas, tidak elastis, serta berbahan tipis.

Pernah suatu ketika Agus merayu emak untuk membelikannya celana dalam yang lebih bagus. Emak pun membelikan Agus celana dalam dengan harga dua puluh lima ribu dapat tiga. Celana dalam tersebut bermerek Giordano. Bahannya super nyaman ketika dipakai. Terlebih lagi nominal dua puluh lima ribu pada waktu itu bukanlah nominal sedikit di tengah ekonomi keluarga yang sedang pas-pasan.

Roda berputar. Kini keluarga kecil Agus hidup berkecukupan. Agus sendiri sudah bisa menghasilkan uang. Hal itu membuat Agus mampu menuntaskan dendam masa kecilnya. Dendam itu adalah memiliki celana dalam. Jadi jangan heran, ketika orang lain memiliki hobi belanja barang-barang mewah yang selazimnya dijadikan koleksi, Agus justru hobi belanja celana dalam.

 

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan buku ini adalah penyajian kosa kata bahasa Jawa yang memudahkan pembaca dalam memahami beberapa sudut cerita yang menggunakan bahasa Jawa agar sense of humornya tidak hilang. Buku Lambe Akrobat juga mempercantik diri dengan penambahan gambar ilustrasi di setiap cerita sehingga membuat pembaca tertarik dan tidak bosan dalam membaca. Kekurangan dari buku ini adalah penggunaan halaman dalam buku yang kurang maksimal. Di beberapa halaman, terdapat tulisan yang tidak memenuhi seluruh halaman sehingga tulisan hanya memenuhi sedikit ruang pada halaman buku. Hal ini membuat tulisan terasa lebih sedikit. Ada baiknya jika pihak penulis dan editor menambah tulisan sehingga tidak ada ruang kosong pada halaman-halaman tertentu.

wp-1541519095356-1497769867.jpg

wp-15415190939201009988817.jpg

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s