Resensi Buku Catatan Akhir Tahun “Dear Me” Part 2


Resensi Buku Catatan Akhir Tahun “Dear Me”.

img_20180619_200726-1553145434.jpg

Identitas Buku

Judul               : Catatan Akhir Tahun “Dear Me” (Part 2)

Penulis             : Seluruh kontributor buku My Freedoms

Penerbit           : My Freedoms

Tahun terbit     : 2017

Cetakan           : Cetakan pertama, Juli 2017

Tebal buku      : 218 halaman

Dimensi buku  : 14 x 20 cm

 

Resensi Buku Catatan Akhir Tahun “Dear Me” Part 2

Buku yang berjudul Catatan Akhir Tahun Dear Me merupakan buku yang berisi kumpulan tulisan dari berbagai kontributor yang terdiri dari anak bangsa. Buku ini memuat tulisan-tulisan singkat karya anak bangsa mengenai ungkapan cita-cita mereka. Terlebih lagi mengenai apa saja yang akan mereka hadapi di masa depan sembari menyapa diri mereka di masa depan dengan istilah “Dear Me”.

Ada salah satu tulisan karya Syifa Ulya Syahidah yang berjudul Sepucuk Surat untuk Masa Depan. Syifa mengungkapkan cita-citanya sekarang, berbagai polemik kehidupan yang dialami serta menyapa dirinya di masa depan. Ia menanamkan keyakinan kuat dalam dirinya bahwa segala yang ia cita-citakan untuk dirinya capai akan terwujud. Keyakinan ini yang membuatnya semangat untuk menjalani alur hidup yang sudah ia pilih saat ini.

Tulisan lain datang dari Anisa Rolis Octavia dengan judul Kali Ini Izinkan Aku Bermimpi. Anisa memulai tulisannya dengan kisah keterlambatannya di kampus. Rupanya telat datang ke kampus sudah menjadi kebiasaannya hingga dosen hapal dengan kebiasaannya tersebut. Awalnya, ia tidak diizinkan masuk kelas oleh dosen. Akhirnya setelah memohon dengan sangat kepada dosen, dosen tersebut luluh juga. Anisa diizinkan masuk ke dalam kelas dan mengikuti mata kuliah hari itu dengan tugas tambahan yakni ia harus menuliskan karangan berisi cita-citanya di tahun depan. Rupanya dosen tersebut mengerti bahwa Anisa adalah seorang pemimpi.

Anisa dengan semangat mengerjakan tugas tambahan dari dosen tersebut. Anisa dengan penuh percaya diri menuliskan karangan mengenai mimpi-mimpinya di masa depan. Tak ayal, orang lain bahkan teman dekatnya sendiri mencemooh Anisa karena cita-citanya dianggap terlalu tinggi. Meski demikian, Anisa tetap semangat dan percaya bahwa suatu hari cita-citanya akan menjadi kenyataan. Salah satu cita-citanya adalah menulis sebuah buku dan buku tersebut dipajang di rak buku bestseller sejajar dengan buku-buku karya penulis ternama seperti Tere Liye, Asma Nadia, dan Boy Candra.

Buku ini tidak melulu berisi tentang ungkapan cita-cita anak bangsa di masa depan. Buku ini juga mendapatkan kontribusi tulisan mengenai cinta. Kontribusi tulisan mengenai kisah cinta berasal dari Risma Riscova dengan judul Cintaku Berlabuh pada Doa. Ia mengisahkan mengenai kisah cintanya kepada seorang teman kuliah. Karena suatu hal, mereka memutuskan untuk berpisah. Tapi, Risma tidak putus harapan. Ia terus berdoa kepada Allah agar cinta ini berakhir dengan cara terbaik sesuai ketetapanNya. Sama seperti ungkapan yang dilontarkan laki-laki itu ketika akan berpisah.

“…tapi aku yakin jika Allah berkehendak, sejauh apapun kita terpisah pasti kita akan bersatu.”

 

Pendapat Pribadi mengenai Buku Catatan Akhir Tahun “Dear Me” Part 2

Buku ini bagi saya cukup menarik karena bisa memancing emosi pembaca khususnya pemuda-pemudi untuk bersemangat serta berani bercita-cita setinggi mungkin. Hanya saja, isi buku ini kurang begitu rapi. Ukuran font terlalu besar dan ada beberapa halaman dengan space kosong yang seharusnya masih bisa diisi satu-dua kalimat. Selain itu, ada banyak tulisan yang masih salah pengetikan seperti penggunaan kata “di” dengan nama tempat. Ada pula penggunaan kata fashion pada suatu tulisan karya seseorang padahal dari alur cerita tulisan tersebut lebih mengarah pada makna kata passion.

 

 

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s