Pencarian Cinta Fahri


Sekilas sinopsis film Ayat-Ayat Cinta 2 Habiburrahman El Shirazi.

DMt7vn9VoAEIQnm

Film Ayat-Ayat Cinta 2 berkisah tentang kesibukan Fahri yang bekerja sebagai asisten dosen di Edinburgh University, Skotlandia. Di mata mahasiswa-mahasiswi yang sempat diajar oleh Fahri, Fahri adalah sosok pemuda muslim yang religius. Hal ini dibuktikan dengan sosok Fahri yang bisa menyempatkan diri untuk melakukan salat di dalam kelas dengan alasan agar menghemat waktu. Selama hidup di Skotlandia pun, Fahri memiliki asisten yang selalu memenuhi semua keperluannya di rumah bernama Hulusi. Hulusi adalah mantan preman berdarah turki yang dibantu Fahri agar kembali ke jalan yang benar.

Fahri sebagai seorang muslim tidak serta merta memiliki hidup yang damai. Banyak dari tetangga yang membenci Fahri disebabkan pemberitaan yang tidak beralasan bahwa islam adalah teroris. Fahri bukan sosok pendendam. Ia berusaha menjadi tetangga baik dengan membantu permasalahan tetangganya meskipun tetangganya beragama non muslim sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah. Dengan kata lain, Fahri lebih mengedepankan adab bertetangga serta menunjukkan bahwa Islam tidak seperti yang mereka pikirkan sebelumnya daripada membalas kebencian dengan kebencian.

Ada sosok Keira, Jason dan ibunya. Mereka salah satu tetangga yang amat membenci keberadaan Fahri di lingkungan tempat tinggal mereka. Keira memiliki hobi bermain biola sedangkan Jason memiliki hobi bermain bola. Mereka berdua sempat mendapat bimbingan kursus untuk mengasah kemampuan tersebut. Sayang, bom bunuh diri berkedok teroris yang menewaskan ayah mereka membuat mereka terpaksa harus berhenti mengikuti kursus karena keterbatasan biaya.

Ada Nenek Catarina yang harus kehilangan rumahnya karena diakuisi oleh anak tirinya untuk membayar utang tanpa sepengetahuan Nenek Catarina sendiri.

Ada pula Brenda, salah satu tetangga Fahri yang hampir setiap malam pulang dalam kondisi mabuk. Brenda sangat merasakan kebaikan hati Fahri yang selalu membantunya masuk rumah ketika mabuk.

Semua tetangga dengan latar belakang tersebut membuat Fahri seperti berada di rumah yakni di Indonesia dengan keragaman suku, ras, agama dan budaya. Meski dengan sikap para tetangga yang tidak mengenakkan hati, Fahri tetap sabar dan selalu mencoba untuk membantu tatkala mereka membutuhkan bantuan.

Di tengah kesibukan Fahri sebagai asisten dosen di Edinburgh University, dia sedang menunggu kabar istrinya, Aisyah. Sudah lama Fahri kehilangan kontak dengan Aisyah. Fahri tetap setia menunggu Aisyah. Kesendiriannya pun ibarat bunga yang didekati kumbang. Banyak perempuan yang tertarik dengan sosok Fahri termasuk mahasiswi-mahasiswinya. Dari sini hadirlah sosok Hulya, sepupu Aisyah yang datang ke Skotlandia untuk melanjutkan postgraduate-nya di Edinburgh University. Rupanya kehadiran Hulya ini memiliki tujuan lain selain menempuh pendidikan di satu lembaga dengan tempat Fahri mengajar.

ayatayatcinta2_BookMyShow-Indonesia-1-e1509960294668
Fahri saat menolak sentuhan tangan Hulya di pundaknya.

Film Ayat-Ayat Cinta 2 yang rilis tanggal 21 Desember 2017 ini berhasil mengaduk emosi saya sebagai penonton. Dimulai dari kesabaran Fahri yang luar biasa dalam menghadapi sikap para tetangga yang amat membenci Islam, kesetiaan Fahri terhadap Aisyah, konflik antara Fahri dengan tetangganya serta kisah cinta Fahri yang mulai bersemi di Skotlandia. Ayat-Ayat Cinta 2 memberikan sosok Fahri yang pantas menjadi panutan tentang bagaimana kita akan berhadapan dengan orang lain yang membenci kita. Kita juga diajarkan bahwa menjadi orang berilmu amat penting demi menghadapi tantangan zaman. Masih banyak pelajaran yang dapat diambil dari film Ayat-Ayat Cinta 2 yang sayang jika tidak ditonton.

Iklan

2 tanggapan untuk “Pencarian Cinta Fahri

  1. Sepertinya kehadiran Fahri menambah panjang list idola kaum wanita akan definisi “lelaki sempurna”. Dan hal itu berimbas pada kaum laki-laki, yang semakin tertindas saja karena menciut dibandingkan dengan Aa Fahri :((

    Hahahaha. Belum nonton aac2 sih. Tapi membaca dari sini saja bisa sedikit terbaca bagaimana bagusnya film ini. Ku benci Hulya

    1. Fahri memang menjadi sosok suami idaman dalam film. Hehe. Udah berpendidikan tinggi tp tidak mengesampingkan ilmu agama terutama hafalan al quran.

      Jangan benci sama Hulya. Hulya sendiri nantinya akan menjembatani kebahagiaan Fahri dan Aisyah. *pengen spoiler rasanya*

      Kalo sudah baca bukunya mungkin sudah tau bagaimana akhir kisah penantian cinta Fahri terhadap Aisyah heheheheh

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s