Lebih Mengenal tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi


AAEAAQAAAAAAAAetAAAAJDExN2M4OWFkLTgxNzItNDkzNS04NGU0LTMwZDY1YjJhNjkxNw
Gambar dari linkedin

Jika ingin mengenal lebih lanjut mengenai teknologi informasi dan komunikasi, maka kita harus mengenal pengertian dari data dan informasi terlebih dahulu. Data adalah fakta-fakta yang digunakan sebagai masukan atau input untuk melalui proses selanjutnya. Bentuk dari data tersebut dapat berupa kalimat, gambar atau suara. Informasi adalah hasil dari olahan data. Namun, tidak semua hasil pengolahan dari data dapat disebut sebagai informasi. Suatu informasi  merupakan hasil dari pengolahan data, dapat memberikan makna serta memiliki manfaat bagi manusia. Ciri-ciri suatu informasi antara lain akurat, tepat waktu yang artinya disajikan saat dibutuhkan, relevan yang berarti sesuai kebutuhan dan lengkap dalam artian informasi tersebut datangnya tidak terpotong-potong.

Teknologi informasi lebih ke prosedur yaitu mengenai cara menyimpan, mengolah serta menyebarkan informasi. Teknologi komunikasi adalah media yang digunakan untuk menyalurkan informasi seperti handphone, komputer dan lain-lain.

Landasan Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri atas tiga hukum yaitu hukum mcore, hukum metcalfe dan hukum coase. Hukum Moore yang berarti kecanggihan teknologi berkembang menjadi dua kalinya setiap tahun. Di samping itu, teknologi sebelumnya akan memiliki daya jual yang semakin rendah. Kita bisa melihat dari contoh kasus perkembangan teknologi smartphone. Handphone keluaran terbaru dengan harga selangit beberapa bulan kemudian dapat dibeli dengan harga miring karena teknologinya sudah terkalahkan oleh handphone keluaran yang lebih baru. Ada nilai kecepatan dalam hukum Moore ini. Dengan teknologi informasi, kita dapat melakukan sesuatu dengan lebih cepat misalnya transfer uang atau memberitahukan akan keterlambatan dosen.

Hukum Metcalfe adalah kondisi dimana semakin banyak titik atau node yang dikoneksikan, maka tingkat ekonomisnya semakin besar serta koneksinya juga semakin bagus. Ada nilai silaturahmi dalam hukum Metcalfe ini. Konsep hukum ini sebenarnya sudah diterapkan di berbagai perusahaan untuk membangun jaringan bisnis (bussiness network). Misalnya ketika perusahaan besar menggandeng perusahaan-perusahaan kecil untuk meningkatkan hasil pekerjaan. Penerapan Hukum Metcalfe ini sama dengan supply chain yaitu perusahaan yang berkolaborasi dengan berbagai macam perusahaan dari berbagai bidang sesuai kebutuhan agar mampu menjalankan bisnisnya dengan baik.

Hukum Coase adalah hukum yang mengungkapkan bahwa suatu perusahaan akan berkembang jika memakai sumber daya dari luar atau outsource. Contohnya adalah perusahaan pengolah bahan makanan yang membeli bahan baku dari petani langsung. Perusahaan tersebut tidak menanam atau memproduksi bahan baku secara mandiri tapi lebih fokus pada pengolahan bahan bakunya.

Berdasarkan pemahaman pribadi penulis pada mata kuliah Pengantar Ilmu Komputer materi Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Prof. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D.

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s