Kunci dalam menjalani alotnya kehidupan ala Wirda Mansur


100826_f
Cover buku Wirda Mansur, Be Calm Be Strong Be Grateful. Gambar dari bukukita.com

Review singkat buku Wirda Mansur, Be Calm Be Strong Be Grateful

Wirda, gadis yang sudah berpengalaman menjelajahi kurang lebih 28 negara di seluruh dunia ini memaparkan tiga kunci utama dalam menghadapi kehidupan yang tidak selamanya berjalan sesuai keinginan. Wirda melafalkan semboyan Be Calm ketika menghadapi berbagai macam kebencian yang mengarah pada kita. Sabar adalah kunci terbesar dalam menjalani berbagai macam kendala dalam hidup. Memang pada dasarnya tidak semua orang akan menyukai segala tindak tanduk kita. Maka dari itu, gunakan kesabaran untuk menghadapi kebencian demi kebencian yang datang kepada kita. Bukan dengan membalas kebencian dengan kebencian juga. Api jika dibalas dengan api maka kobarannya akan semakin besar. Hadapi kobaran api alias kebencian dengan air yang diibaratkan sebagai kesabaran. Sulit memang. Tapi kita harus belajar dan membiasakan diri untuk sabar.

Wirda memperkenalkan semboyan Be Strong terhadap apapun masalah yang sedang kita hadapi dalam hidup ini. Di samping memiliki kesabaran, kita harus kuat dan tegar dalam menghadapi berbagai persoalan hidup seperti Wirda ketika menceritakan perihal ayahnya yang ternyata mengalami masalah besar namun mampu beliau sembunyikan di hadapan semua orang seakan beliau baik-baik saja. Tempat mengadu memang hanya Allah semata. Itu yang menguatkan Papah agar bisa kuat menghadapi berbagai persoalan hidup. Setiap masalah demi masalah datang silih berganti. Tapi anehnya Papah selalu mengatakan bahwa barangkali dosanya sedang banyak dan ingin Allah hapuskan lewat ujian yang dihadapi. Intinya, kita harus menyerahkan segala urusan kita kepada Allah. Sebab, semua hal di dunia ini bisa terjadi karena kehendaknya. Jangan lupa untuk tetap berprasangka baik kepada Allah agar kita semakin kuat.

Be grateful adalah semboyan pamungkas Wirda yang sengaja ia perkenalkan dalam bukunya. Wirda ingin menyampaikan satu hal penting yakni tentang betapa pentingnya rasa syukur dan bersyukur atas segala hal di dunia ini. Bersyukur adalah kunci utama kebahagiaan dalam hidup ini. Dampaknya adalah bagaimana kita tidak akan iri kepada apa yang dimiliki orang lain. Apalagi jika kita menjadikan rasa iri menjadi suatu impian untuk dicapai. Wirda mengisahkan pengalamannya ketika iri melihat sahabatnya, Syifa, yang sudah lebih dulu berangkat ke Paris. Padahal saat itu Wirda sangat mendampakan bisa berkunjung ke ibukota negara Prancis tersebut serta berfoto dengan menari Eiffel yang menjadi destinasi wisata turis di sana. Walhasil Wirda menjadikan rasa irinya menjadi suatu motivasi dan semangat. Wirda menulis di daftar cita-citanya untuk dapat mengunjungi Paris sebagaimana sahabatnya. Alhamdulillah, Allah mengizinkan Wirda untuk berangkat ke Paris beberapa tahun kemudian dengan syarat bisa melancarkan hafalan 30 juznya.

Kelebihan dari buku kedua Wirda ini adalah desain per halaman yang variatif dengan tema warna biru. Setiap desain halaman yang variatif memberikan semangat bagi pembaca –termasuk saya– untuk terus membaca hingga ke halaman selanjutnya. Kekurangan dari buku ini adalah tulisan Wirda yang minim sekali. Isi buku ini pada dasarnya memuat berbagai jawaban Wirda atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di akun Askfm @wrdmnsr. Artinya, isi buku Be Calm, Be Strong, Be Grateful ini memuat tulisan yang sudah pernah Wirda tulis dan dibaca oleh banyak orang. Tidak seperti buku pertama, Reach Your Dreams yang isinya benar-benar tulisan Wirda yang belum pernah dibaca oleh khalayak umum. Tapi dari segi isi sudah bagus karena tanya jawab Askfm yang diabadikan dalam sebuah buku memuat banyak sekali hikmah, nasihat dan manfaat bagi pembaca.

Sekilas biodata buku

Judul : Be Calm, Be Strong, Be Grateful
Penulis : Wirda Mansur
Penerbit : KataDepan
Tahun terbit : 2017
Dimensi : 19 x 12.5 cm
Tebal buku : 284 halaman

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s