Kawanda, Sistem Informasi Penyimpanan dan Pengolahan Data Universitas Jember


Kawanda, Cloud Storage, Editing ang Group Communication

wp-1509000025631-2121805580.jpg
Gedung Soerachman Universitas Jember

Jember (26/10) – Hari ini, Unit Pelayanan Terpadu Teknologi Informasi (UPTTI) Universitas Jember mengadakan sosialisasi dan pelatihan mengenai sistem informasi bernama Kawanda. UPTTI melalukan sosialisasi dan pelatihan tiga hari berturut-turut dengan mengundang 100 dosen, 100 tenaga administrasi serta 100 mahasiswa perwakilan dari setiap fakultas. Kawanda adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data bagi pengguna. Kawanda dibentuk dengan Next Cloud yang merupakan open source penyimpanan data.

Awal pembuatan Kawanda didasari untuk keperluan administrasi karena menyebarnya virus malware Wanna Try yang sempat menyerang banyak komputer di Universitas Jember. Hal itu menyebabkan beberapa komputer di Universitas Jember tidak dapat dioperasikan serta layar desktop hanya menampilkan tulisan Wanna Try. Pihak UPTTI mengkhawatirkan data-data penting administrasi yang kemungkinan besar hilang. Akhirnya dibentuk sebuah media penyimpanan atau cloud storage. Tujuan awal pembuatan Kawanda adalah untuk backup seluruh dokumen-dokumen penting universitas. Mengetahui manfaat penggunaan Kawanda, Rektor Universitas Jember menyarankan agar Kawanda tidak hanya dipakai oleh pihak administrasi yang berkepentingan saja melainkan juga menjadi fasilitas bagi seluruh mahasiswa serta dosen di Universitas Jember

Kawanda sangat mudah digunakan. Terutama untuk menyimpan, mengedit dan membagikan suatu dokumen. Misalnya dalam sebuah kelompok. Kita dapat mengerjakan tugas secara bersama tanpa perlu bertukar file dengan flashdisk karena hasil edit dokumen kita di Kawanda akan tersimpan secara otomatis serta dapat langsung dilihat oleh anggota kelompok melalui akun masing-masing. Kawanda memang menyediakan fitur untuk membuat dokumen baru serta mengedit dokumen selain untuk penyimpanan data. Fitur-fitur yang disajikan Kawanda antara lain dokumen, speadsheet, power point dan text file. Selain dokumen, Kawanda juga menyajikan fitur Cycle yang berfungsi untuk membuat grup pengguna agar memudahkan pembagian file.

Kawanda sejatinya bukan untuk menggantikan Google Drive. Kawanda dipakai untuk keamanan data-data lokal karena penyimpanan dikelola langsung oleh UPTTI Universitas Jember. Dikarenakan penggunaan masih terbatas, Kawanda hanya memberikan kapasitas 1 GB bagi setiap pengguna. Kawanda sendiri juga masih belum secara resmi dirilis oleh Universitas Jember. Rencananya, Kawanda akan diperkenalkan dan diluncurkan secara penuh bersama produk-produk unggulan lainnya pada saat Dies Natalis Universitas Jember .

Iklan

2 thoughts on “Kawanda, Sistem Informasi Penyimpanan dan Pengolahan Data Universitas Jember”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s