Peringatan 1 Muharram 1439 di PPM Al Husna Jember


Acara Peringatan 1 Muharram 1439 di Pondok Pesantren Mahasiswi Al Husna Jember.

Acara Peringatan Tahun Baru Hijriah 1439 di Pondok Pesantren Al Husna Jalan Kalimantan X 173 Tegal Boto Lor Sumbersari Jember. 

Acara dimulai ketika malam hari.


Di tengah padatnya lalu lintas tugas dan ospek, Pondok Pesantren Mahasiswi Al Husna Jember mengadakan acara untuk memperingati tahun baru hijriah. Acaranya tidak terlepas dari lomba dengan seluruh santri putri sebagai partisipannya. Acara dilaksanakan mulai Rabu malam tanggal 20 September  2017 lalu disambung keesokan harinya dengan berbagai lomba lagi serta penutupan. Dikarenakan awal dimulai hari dalam Islam adalah selepas maghrib, seluruh santri Al Husna secara berjamaah membaca doa tahun baru.

Acara pada malam hari ini dimulai setelah solat Isya’ sekitar pukul 8. Seluruh santri diinstruksikan agar segera berkumpul di aula lantai tiga. Tak lupa mbak-mbak panitia yang bertugas memberikan selebaran dan snack sebagai penawar kantuk. Setelah sebagian besar santri Al Husna telah duduk di aula, acara diawali dengan nyanyian tim hadrah sebagai pembukaan dan hiburan. Setelah tim hadrah selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pondok. Rangkaian acara tersebut dilanjut dengan menyanyikan lagu Mars IPPNU Hubbul Wathon bersama-sama.

Lirik Hubbul Wathon

Acara inti pun dimulai beberapa saat kemudian yakni lomba make over and fashion show. Terlihat jelas bahwa partisipan lomba semacam adalah santri-santri pilihan yang memiliki wajah rupawan. Di sela-sela durasi make over and fashion berlangsung, lomba qasidah jadul dimulai. Pesertanya adalah santri-santri tiap blok kamar dari A sampai L. Lomba ini memberi tantangan bagi pesertanya untuk menyanyikan lagu qasidah zaman dulu dan diiringi formasi tarian oleh anggota peserta yang lain.

Acara lomba pada malam hari pun usai. Acara usai sekitar pukul sebelasan. Belum termasuk foto-foto dahulu sebelum bubar. Tiba-tiba saya berpikir tentang nasib setoran saya besok. Belum nderes. Teringat dawuh Abah Yai Chusaini Al Hafidz dari Malang saat mengisi sambutan pembukaan lomba di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Nurul Furqon Malang tahun 2017 lalu.

Lomba seperti ini pasti akan berjalan hingga larut malam. Saya masih salut dengan santri-santri yang masih bisa setoran esok pagi. Di tengah-tengah kesibukan apapun, yang penting tetep setoran.

Keesokan paginya, lomba peringatan tahun baru hijriah di Pondok Al Husna masih berlanjut. Kali ini lomba dilaksanakan secara outdoor yakni di lapangan sebelah timur pondok. Di sana, seluruh santri sedang bersaing dalam lomba voli, estafet air dan tarik tambang. Keseruan mewarnai wajah-wajah penat mereka. Kebahagiaan seperti itu mampu melupakan hiruk pikuk tugas dan kuliah yang setinggi gunung. Akhir kata, lomba-lomba yang diadakan pengurus pondok adalah sebagai hiburan. Pondok memberi waktu untuk bersenang-senang dan melupakan kesibukan barang sebentar saja.

Lomba estafet air. Lomba dilakukan dengan melempar sebungkus plastik berisi air ke belakang temannya tanpa menoleh ke belakang

Ngomong-ngomong, saya berpartisipasi dalam lomba qasidah jadul mewakili blok L. Saya jadi penari yang mengiringi nyanyian qasidah jadul. Baru pertama kalinya pakai lipstik merah merona yang aduhai ditambah dempulan bedak yang membuat warna tamgan dan kulit jadi kontras. Teman-teman juga heran dan tidak pernah menyangka saya jadi penari. Katanya sih lucu gitu mengingat karakter saya yang pendiam dan kalem seperti ini. Seperti melihat sosok yang tidak terduga.

Sudahlah. Saya hanya berpartisipasi dan memeriahkan acara saja. Hehe.

Iklan

1 thought on “Peringatan 1 Muharram 1439 di PPM Al Husna Jember”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s