Pemanfaatan Sistem Informasi untuk Membantu Pelaku Usaha atau Bisnis dalam Berkompetisi di Pasar


Pemanfaatan Sistem Informasi untuk Membantu Pelaku Usaha atau Bisnis dalam Berkompetisi di Pasar

Pemanfaatan sistem informasi yang mumpuni untuk membuat produk memiliki daya saing dan dikenal oleh banyak orang adalah melalui sistem informasi berbasis web. Website saat ini cukup digandrungi pelaku usaha atau bisnis mengingat telah berkembangnya teknologi dan semakin meleknya masyarakat dengan teknologi. Masyarakat sekarang sebagai target pasar pelaku bisnis sudah akrab dengan teknologi khususnya yang berhubungan dengan internet. Internet sendiri pada umumnya menyediakan website untuk user interface-nya.

Pemasaran produk yang efektif dan tepat sasaran salah satunya adalah melalui website. Dengan website, pelaku bisnis dapat menginput produk-produk, gambar dan deskripsi rinci mengenai produk yang ditawarkan dengan akses yang mudah selama ada jaringan internet. Selain itu, website pelaku bisnis mampu menampilkan fitur-fitur yang memudahkan transaksi jual beli sampai produk benar-benar sampai ke tangan konsumen tanpa harus berkunjung ke toko maupun melihat dan memegang produknya secara langsung.

Langkah-langkah yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produknya melalui sistem informasi berbasis web adalah sebagai berikut.

Membangun web

Pelaku bisnis harus menyiapkan rancangan website untuk menunjang pemasaran produk-produknya. Dimulai dari pemilihan nama website, url address, tema, sewa hosting dengan kapasitas penyimpanan tertentu, fitur-fitur dalam website dan lain-lain. Desain tampilan website juga tak kalah penting untuk modal awal persiapan membangun website. Tampilan yang menarik akan membuat pengunjung website nantinya senang untuk berlama-lama mencari tahu produk yang ditawarkan dengan menjelajahi isi website.

Pemilihan nama dan tema website untuk memasarkan produk

Pemilihan nama dan tema website yang tepat untuk memasarkan produk sangat penting untuk mengerucutkan target konsumen. Misal jika pelaku bisnis menawarkan produk berbau otomotif, seluruh konten dalam website harus bertemakan otomotif. Target pengunjung juga akan lebih jelas yaitu orang-orang yang ingin tahu mengenai otomotif bahkan sedang mencari produk seperti yang ditawarkan oleh pelaku bisnis melalui website.

Konten gambar atau foto yang berkaitan dengan produk

Pengambilan gambar atau foto-foto yang berkaitan pada produk lalu dipasang pada website cukup penting untuk pemasaran. Hal ini mengingat bahwa pada dasarnya calon pembeli senang dengan visualisasi produk berupa gambar daripada penggambaran secara naratif. Gambar atau foto tentang produk yang ditawarkan juga meningkatkan keyakinan konsumen untuk segera memesan produk tersebut. Metode pemasaran seperti ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk menarik kesan pertama dari calon pembeli.

19_September_2017_today__html_71193251
Contoh foto produk Brownies Manten. Foto dari sublibfood.wordpress.com
19_September_2017_today__html_ecfd5d29
Contoh foto produk Maicih Kripik Singkong. Foto dari maicih.co.id

 

 

Memberikan deskripsi detail tentang produk yang dijual berupa uraian

Uraian bisa berupa tulisan naratif berupa deskripsi atau spesifikasi langsung berupa poin-poin penting tentang  produk yang ditawarkan. Tulisan seperti ini berguna selain untuk menambah konten dalam website juga untuk lebih meyakinkan calon pembeli. Deskripsi produk juga disertai harga sehingga membuat calon pembeli bisa mengetahui detail produk. Inovasi lain juga bisa dilakukan dengan penjelasan produk melalui gambar visualisasi dengan mengandalkan keahlian desain komunikasi visual.

19_September_2017_today__html_5f91e79d
Deskripsi singkat produk Maicih

Memberikan fitur jual beli online pada website

Di era globalisasi seperti zaman sekarang dimana arus keluar masuknya informasi sudah tidak dapat dibendung, kita dapat mengetahui segala hal hanya dengan duduk sembari browsing internet. Contoh kasus di zaman sekarang adalah konsumen tidak perlu repot-repot pergi ke toko langsung untuk sekadar melihat atau membeli barang. Kebanyakan konsumen zaman sekarang lebih memilih transaksi online daripada harus bersusah payah melakukan transaksi tunai. Website bisnis dengan pengadaan fitur pesan online sangat efisien jika diterapkan oleh pelaku bisnis yang memiliki target pasar di lokasi yang lebih jauh. Fitur jual beli online akan memudahkan konsumen dalam membeli produk hanya dalam genggaman tangan.

19_September_2017_today__html_87fbd368
Menu pemesanan online di website Brownies Manten
19_September_2017_today__html_d6f14822
Menu pemesanan online di website Kinustuff.com

Memberi informasi tentang identitas perusahaan

Penting untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai identitas perusahaan beserta segala macam penunjangnya seperti nama, alamat dan lokasi produksi, kontak yang dapat dihubungi, struktur organisasi terkait, sertifikat resmi sekelas bpom dan lain-lain. Hal ini untuk lebih meyakinkan calon pembeli bahwa pelaku bisnis atau perusahaan merupakan lembaga yang dapat dipercaya.

SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu sistem penting di internet. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara berkala agar meningkatkan trafik pengunjung. Banyak trik-trik yang diterapkan dalam SEO misalnya pencantuman kata kunci yang berulang dan paling sering dicari, desain tema website yang responsive atau mobile friendly, dan lain-lain. Jumlah kunjungan di sebuah website bisnis cukup penting karena terkait dengan seberapa sering produk yang ditawarkan dapat dilihat calon pembeli. Semakin tinggi trafik kunjungan semakin sering pula ada orang melihat isi website dan peluang suatu produk akan diminati juga semakin tinggi. Dengan ilmu SEO, ketika calon pembeli mengetik kata kunci tentang sesuatu yang diinginkan di mesin pencari, website pelaku bisnis mampu mengalahkan website-website lain serta mendapatkan peringkat pertama atau minimal terletak halaman pertama pada pencarian kata kunci tersebut. Semakin tinggi peringkat suatu website di mesin pencari, maka peluang pendapatan kunjungan juga akan semakin meningkat karena orang-orang biasanya memilih first impression pada halaman awal mesin pencari.

Cara lain bagi pelaku bisnis dalam memasarkan produknya agar mampu bersaing di pasar adalah dengan promosi. Promosi zaman sekarang dapat dilakukan tidak hanya dari media cetak dan elektronik melainkan juga media internet. Website yang memiliki banyak trafik kunjungan seperti detik.com, facebook.com, kapanlagi.com, kaskus.co.id, dan lain-lain biasanya dijadikan sasaran empuk bagi pelaku bisnis untuk meminta jasa promosi produknya. Tentunya hal ini sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan jika ingin memakai jasa promosinya.

19_September_2017_today__html_70555709
Banner iklan Telkomsel pada website Kaskus.co.id
19_September_2017_today__html_3464c0ba
Iklan Oppo Smartphone yang memenuhi laman website detik.com

 

Untuk desain iklan produk harus menggunakan perpaduan warna dan kombinasi gambar produk yang memadai agar menarik perhatian calon pembeli untuk mengklik iklan tersebut.

Itsna Hikhmatul Maula menjawab tugas mata kuliah Dasar-Dasar Sistem Informasi:

Jelaskan dengan bahasa kalian bagaimana SI dapat membantu pelaku usaha/bisnis dalam berkompetisi di pasar!

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s