Matkul Interaksi Manusia dan Komputer


Gambar dari Edwardaditya

 

Selasa, 5 September 2017, Pak Anang Andrianto ST.,MT menerangkan materi tentang pengertian Interaksi Manusia dan Komputer. Sebelum itu, Pak Anang melakukan dialog interaktif bersama peserta kuliah hari itu dengan tema tentang apa tujuan kuliah bagi kita sebagai mahasiswa baru. Jawaban beragam diutarakan mulai dari para mahasiswa. Ada yang menjawab ingin mendapatkan selembar ijazah, demi mendapat pekerjaan layak, mendapat pengalaman lebih dalam dalam interaksi sosial dan mengembangkan ilmu pengetahuan, menuntut ilmu pengetahuan selama di kampus dan lain-lain. Pak Anang mengkritisi salah satu tujuan kita yaitu untuk menuntut ilmu pengetahuan selama di bangku perkuliahan.

Sejatinya, belajar mengenai apapun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Perkembangan iptek yang begitu pesat membuat kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi tanpa batas. Terlebih dengan adanya situs pencarian serba tahu semacam Google yang dapat menjawab berbagai hal yang sengaja kita input di sana. Kesimpulan ringkas dari Pak Anang, belajar tidak harus melalui lembaga resmi semacam perguruan tinggi melainkan ilmu bisa didapat secara belajar mandiri atau autodidak. Belajar bisa dilakukan secara formal dan informal. Pembeda antara keduanya adalah tentang hasil belajar yang lebih diakui oleh masyarakat luas jika kita belajar di dalam sebuah lembaga formal daripada belajar mandiri. Masyarakat akan lebih percaya dengan tenaga kerja hasil pendidikan formal karena sudah melalui sertifikasi yang jelas dan standar kompetensi belajar yang mumpuni dan terarah. Contoh sederhana adalah jika kita belajar salah satu bidang kedokteran tentang bagaimana cara membedah perut pasien. Jika mencari di situs pencarian Google atau berselancar maya di Youtube, kita akan dengan mudah menemukan tutorialnya dari sumber yang beragam. Namun jika kita mendalami mata kuliah semacam ini di perguruan tinggi, kita tidak akan sembarangan dalam mendapatkan sumber ilmu dan informasi yang kita butuhkan untuk mempelajari bagaimana cara membedah perut pasien. Begitu pun jika kita menjalani bangku perkuliahan, kita dapat bertemu langsung dengan pakar-pakar yang ahli dan terpercaya di bidang ilmu yang sedang kita pelajari.

Selanjutnya, Pak Anang menerangkan materi inti dalam mata kuliah hari itu tentang Interaksi Manusia dan Komputer. Interaksi Manusia dan Komputer adalah bidang studi yang mempelajari tentang bagaimana menciptakan sarana komunikasi dua arah antara pengguna manusia dan sistem komputer agar saling bertautan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kompetensi dari mata kuliah ini adalah mampu memiliki ketrampilan untuk merancang sistem antar tatap muka yang bermanfaat dan memudahkan kehidupan manusia. Contoh sistem antar tatap muka antara lain PHP, HTML, atau blog yang mana memiliki mekanisme sistem input, process dan output.

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer antara lain sebagai sistem user friendly dengan penjabaran antara lain yaitu menarik, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, pengguna menyukai sistemnya serta dikagumi dan sering ditiru oleh banyak oramg.

Sedangkan ruang lingkup bidang studi Interaksi Manusia dan Komputer antara lain:

Manusia

Manusia atau biasa disebut user sebagai pengguna komputer. User ini bisa individu maupun berkelompok dalam suatu organisasi yang nantinya akan menggunakan komputer sesuai keinginan dan kebutuhan.

Komputer

Komputer terdiri dari hardware dan software  yang nantinya akan menjadi media dalam sistem antar tatap muka yang digunakan manusia.

Interaksi

Interaksi adalah gabungan dari manusia dan komputer untuk melakukan interaksi dengan mekanisme sistem input dan output data melalui tatap muka.

Lalu antarmuka Interaksi Manusia dan Komputer memiliki tujuan yaitu:

Usable system

Bagaimana suatu sistem antarmuka bisa bermanfaat untuk dipakai pengguna.

Safe

Tidak lupa untuk menjaga kerahasiaan data antarmuka agar tidak terjadi penyalahgunaan data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fungsional

Sistem antarmuka yang memiliki fungsi yang jelas agar kerja sistem tersebut lebih terarah dan mampu bekerja dengan tepat.

Efektifitas dan efesiensi

Mengatur sistem antarmuka agar efektif ketika digunakan dan hasilnya efisien.

Hermawan, Sr. 2009. Powerpoint Interaksi Manusia dan Komputer. D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.

Iklan

3 tanggapan untuk “Matkul Interaksi Manusia dan Komputer

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s