Secuil Peringatan


Tadi aku sedang asyik nderes. Kala itu, aku membaca juz 4 usai solat dhuhur berjamaah. Tepatnya adalah surat Ali Imron. Aku membaca perlahan dengan maksud agar tulisan ayat-ayat yang pernah susah payah aku hafalkan itu tidak terlupa. Saking pelannya membaca, kadang napas tidak kuat dan mengakibatkan bacaan salah. 

Ketika membaca satu ayat, aku benar-benar merasakan bahwa ayat yang kubaca salah. Aku pun benar-benar tahu dimana letak kesalahan yang kubaca. Tapi aku tetap melanjutkan membaca ayat tersebut hingga selesai. Baru saja ayat itu selesai kubaca, tiba-tiba seseorang di sebelah kananku duduk menegur. 

“Mbak yang ketika ketemu ro’ langsung dimasukkan.”, ujarnya padaku.
“Ooh iya mbak.”, ujarku sambil meringis menahan malu. “Emang sengaja gak aku benerin bacanya hehe.”.

Aku baru sadar bahwa ada seseorang yang menyimak bacaanku. Pantas saja dia duduk diam setelah solat qobliyah dhuhur di jarak satu meter dari tempatku nderes. Dalam hati aku malu dengan Allah karena telah menyengajakan sesuatu yang salah.

Begitulah Allah. Allah itu Maha Tahu tentang segala yang kita lakukan. Allah selalu mengawasi apapun yang kita kerjakan. Seseorang yang menegurku tadi, adalah cara Allah mengoreksi bacaanku yang salah dan sengaja tidak aku benarkan. Peristiwa sederhana ini cukup untuk memperingatkanku agar lebih berhati-hati dalam membaca kalam-kalam mulia milik Allah. Begitu juga menyadarkan diri kembali bahwa Allah itu memang Maha Melihat dan Maha Mengetahui segalanya. Jadi, kita perlu menjadi pribadi yang merasa diawasi oleh Allah agar tidak berbuat seenaknya. Termasuk ketika sedang mengaji.

Ya Allah, maafkan Itsna yang nakal ini. Hmmmmm.
Note: Di bawah ini adalah ayat surah Ali Imran yang kubaca salah dan sengaja tidak kubenarkan. Tepatnya pada ayat 101 ketika huruf ro’ tanwin seperti yang kugaris bawahi.

Aplikasi Quran for Android
Iklan

Penulis: Itsnahm

Itsnahm a.k.a. Itsna Hikhmatul Maula. Reading and writing is my soul. So, enjoy to read all my writing here. Thank you.

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s