The God of Highschool


Sekilas tentang sinopsis The God of Highschool. Sedikit review atau resensi tentang komik The God of Highschool di Webtoon. 

Satu lagi komik Webtoon genre fantasi yang saya sukai adalah The God of Highschool. Bercerita tentang turnamen dunia The God of Highschool yang disingkat GOH untuk mencari jagoan-jagoan tarung dari berbagai tempat di dunia. Di korea, pertandingan GOH yang melibatkan kemampuan bertarung ini diadakan di berbagai daerah untuk mencetak juara satu, dua, dan tiga. Tiga besar itu kemudian akan diadu kembali dalam turnamen GOH secara nasional. Peserta turnamen ini tak lain adalah murid-murid yang sedang duduk di SMA. 

Mori Jin, murid SMA yang jago berkelahi dan tidak pernah kalah dalam pertarungan, diundang oleh komisaris bernama R untuk mengikuti turnamen GOH daerah ibukota. Mori yang awalnya mengabaikan undangan turnamen tersebut terkejut melihat kemampuan R menghanguskan sebaris pohon yang ada di depannya. Akhirnya Mori menantang R dan ia pun kalah untuk pertama kalinya dalam berkelahi. Mori pun setuju untuk mengikuti turnamen GOH. 

Mira Yoo, murid SMA yang merupakan pewaris seni pedang Wonglan juga diundang untuk mengikuti turnamen GOH. Meskipun Mira Yoo adalah perempuan dan menjadi satu-satunya perempuan yang mengikuti turnamen ini. Diikuti dengan Daewi Han yang pada akhirnya bersedia mengikuti turnamen GOH karena hadiahnya adalah bisa mendapatkan apapun diinginkan. Termasuk uang banyak untuk membantu biaya rumah sakit temannya yang sakit. Daewi memiliki teman yang sedang sakit kanker dan tengah menjalani kemoterapi. Daewi rela bekerja part time demi membantu biaya rumah sakit temannya yang sangat mahal. 

Ketika tiga besar sudah ditentukan dari masing-masing daerah, mereka diadu kembali dalam turnamen GOH tingkat nasional. Ternyata tujuan pengadaan turnamen ini untuk mencari si kunci. Si kunci adalah orang yang bisa melawan kekuatan dewa dan orang ini diperebutkan oleh anggota Si Enam, Mujin Park dan Maendok Sang dari organisasi aliran misterius, Nox. 

Di acara final turnamen, Mandeok menyerang gedung tempat turnamen GOH dilaksanakan. Akibatnya terjadi peperangan hebat yang melibatkan kekuatan luar biasa di luar kemampuan manusia normal. Dari peperangan ini, baru diketahui bahwa Mori Jin bukan murid SMA biasa. Ternyata Mori memiliki kekuatan yang luar biasa dan sanggup mengalahkan musuh yang sempat menyerang dengan kekuatan luar biasa. 

Mori Jin yang sejatinya adalah Jecheondaeseong yang lupa ingatan.

Apa yang menarik dalam komik The God of Highschool? 

Banyak hal menarik terkait komik serial The God of Highschool di Webtoon ini. Berikut saya jelaskan fakta-fakta tentang komik ini. 

  1. Mori Jin adalah Jecheondaeseong (susah banget ngapalin dan nulis namanya) yang sedang lupa ingatan. Jecheondaeseong adalah raja kera yang memiliki tongkat bernama Yeoui. Yeoui bisa membesar dan mengecil sesuai keinginan pemiliknya. Saya jadi teringat serial Sungokong, kera sakti yang mencari kitab suci, yang sering diputar di televisi. 
  2. Ketika Mori Jin terjebak di dunia khayangan tepatnya di Oreaguk, tiruannya berhasil masuk ke dunia manusia demi menyelamatkan seluruh penduduk khayangan. Namanya Mori Hui. Dia memiliki pemikiran tajam yang berbeda dengan watak Mori Jin yang gampang emosi. Jadi keinget serial anime Naruto yang bisa menggandakan diri dengan bunshin alias jurus seribu bayangan (Kiciyoshe no Jutsu). Bedanya kalau di Naruto, tiruannya sekali pukul langsung hilang. Kalau di The God of Highschool enggak hilang gitu aja. Tiruan akan hilang jika HP-nya nol. 
  3. Mori Hui memiliki kesadaran sendiri yang berbeda dengan Mori Jin meskipun dia hanya berupa tiruan. Raja dari organisasi Nox sempat menawari Mori Hui dengan mampu memberikan kehidupan kepadanya dengan syarat ia harus bergabung di Nox. Masih misteri nih gimana kelanjutan ceritanya hehe. 
  4. Si Enam (The Six) yang terdiri dari enam orang dengan kemampuan tarung yang luar biasa disebut sebagai “Aset Kebudayaan Manusia” atas titah langsung dari presiden. Keren juga sebutannya. 
  5. GOH terkenal dengan kemampuan meminjam kekuatan dari para dewa. Jadi, seseorang bisa meminjam kekuatan dari dewa yang diinginkan supaya bisa menjadi lebih kuat. Teknik ini disebut “Kekuatan Pinjaman”. Tapi bagi Mori Jin, ia tetap memilih menjadi petarung sejati dengan taekwondo ajaran kakeknya. 
  6. Ada istilah “Kekayaaan Nasional” dimana yang dimaksudkan adalah senjata khas dari negara masing-masing. Senjata ini bisa dibawa atau dipanggil sewaktu-waktu bila dibutuhkan. Jadi, di setiap negara memiliki Kekayaan Nasional masing-masing. 
  7. Mori Hui adalah tiruan Mori Jin. Semakin jauh dari Mori Jin, semakin lemah kekuatannya. Semakin dekat dengan Mori Jin, kesadarannya semakin hilang namun ia tambah kuat. 

Sekarang, cerita dalam GOH adalah tentang pertarungan antara Nox dan Mujin Park dkk ketika turnamen GOH internasional berlangsung. Mori Jin masih terkurung di dunia khayangan bahkan disibukkan dengan mencari Ilpyo yang sempat dikalahkan Raja Nox ketika sang raja dengan mudahnya membuka gerbang dunia khayangan. Padahal Mujin Park dkk dengan susah payah mencoba mengembalikan Mori Jin karena begitu susahnya membuka gerbang antat dunia tersebut. 

Belum lagi Mori Hui yang menggantikan posisi Mori Jin di dunia nyata. Mori Hui yang merupakan tiruan lambat laun tebersit di pikirannya untuk memiliki hidup dan kesadaran sendiri. Konflik dalam alur cerita GOH semakin menarik saja. 

Jadi, serial komik Webtoon mana yang menjadi favoritmu? Bisa kasih saran komik Webtoon yang bagus? 🙂 

Credit photos from pictigar.com and GOH’s Wiki

Iklan

3 thoughts on “The God of Highschool”

  1. kalo mau download anime the god of highschool dimana ya bang? saya juga tertarik banget pngn nonton, tp saya cari diinternet gaada yg menyediakan animenya bang, mohon bantuannya bang

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s