Kerugian Main Pokemon Go? 


Saya menulis ini bukan sebagai haters apalagi yang kontra dengan game ini. Saya hanya ingin membahas sesuatu yang sedang booming tanpa menutup diri bahwa pembuat game ini sangat kreatif dan memiliki inovasi baru. Biar bagaimana pun pengembang game ini patut diberi apresiasi dan penghargaan. Secara membuat sebuah program game-terutama dengan inovasi yang belum pernah ada-itu gak gampang. 


Seperti yang sudah diketahui, Pokemon Go adalah game yang menggunakan gps untuk mencari musuh. Kita harus sering keluar rumah untuk mencari musuh dan membidiknya dengan pokemon di tempat-tempat yang sudah ditetapkan melalui gps. Karena keunikan sistem permainan dan belum pernah ada sebelumnya, alhasil mendapat apresiasi besar dari masyarakat di seluruh penjuru dunia. Banyak anak-anak muda yang bermain Pokemon bahkan tak jarang sudah membentuk komunitas tersendiri. Orang dewasa pun tak ketinggalan untuk memainkan game yang lagi ngetren ini. Sampai-sampai banyak berita bahwa dilarang main Pokemon Go karena mengganggu kerja. Bahkan sampai pelarangan aplikasi Pokemon Go di hp karyawan karena ditakutkan game ini akan membocorkan informasi rahasia tentang perusahaan (gak sengaja liat berita tv). 
Bagi saya selaku kawula muda, saya melihat sisi lain di balik booming game Pokemon Go. Dari sudut pandang saya, bermain Pokemon Go memiliki kerugian,

  1. Buang-buang waktu kalau terlalu sering dimainkan. Bahkan kalau sampai kecanduan game ini jadi tidak produktif melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.
  2. Menghabiskan kuota dan baterai hp. Ini berlaku buat anak kost yang diharuskan mengirit pengeluaran. Begitu juga karena gps diaktifkan, hal itu akan membuat hp mengeluarkan daya lebih. Jadi kalau main Pokemon Go jangan lupa bawa powerbank hehe. 
  3. Hanya sebagai indikasi kalau sudah kekinian. Ini yang salah dan membuang-buang waktu seperti yang disebutkan pada poin pertama. Biasanya mereka yang meng-install Pokemon Go dan memainkannya hanya ikut-ikut doang.
  4. Buang-buang uang. Lokasi musuh yang ditetapkan dalam game ini biasanya berada di tempat yang jauh. Jadi untuk ke sana minimal naik motor dan itu juga butuh biaya juga. Kecuali kalau emang mau jalan kaki hehe. 

Pokemon Go memang menyenangkan sih. Terutama game ini mengenalkan terobosan cara bermain yang baru dan belum pernah ada. Namun ada baiknya jangan terlalu sering bermain game ini. Boleh-boleh saja bermain tapi jangan keseringan dan lupa waktu. Sejatinya semua game memiliki tujuan sama yakni menghibur pemainnya. Tergantung penggunanya saja bisa memainkan secara bijak atau sebaliknya. 

Mungkin ada pendapat lain soal game ini? 

Iklan

4 tanggapan untuk “Kerugian Main Pokemon Go? 

  1. Bahkan itsna sudah pernah install gamenya. Itu gara2 adek kecil yg pengen mainan pokemon. Tp karena saya bingung gmn cara mainnya akhirnya saya un install hehe.
    Daripada gak kepake

  2. kayaknya game seru ini mba, 😀 tapi mungkin hp saya ngga support buat di instal game ini hahaaha maklum masih bulukan,
    btw, setuju sama pendapat mba Itsna, memang kudu bijak si kalo menyikapi urusan game. kadang masih banyak orang yang terbuai dibuatnya termasuk saya mungkin. :))

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s