Belajar dari Kisah Koala Kumal


“Lukisan ini sangat dalam maknanya”.

“Emang seperti apa?”

“Lukisan ini berkisah tentang koala yang berkelana ke tempat lain. Ketika kembali ke tempat asalnya, hutan tempat ia tinggal dulu menjadi gundul karena ditebang oleh orang yang gak bertanggung jawab.”

“Oooow”

“Semacam pernah singgah di satu tempat lalu pergi. Terus ketika kembali, semuanya udah gak sama lagi.”

“Kayak kita berdua ya.”

“Apah?”

Itulah sekelumit percakapan antara Andrea dan Dika, mereka yang dulunya pacaran dan hampir menikah namun dibatalkan sepihak oleh Andrea karena ia jatuh cinta dengan laki-laki lain. Bagaimana perasaan Dika? Sakit banget pasti. Udah semacam ngenes banget. Bayangin aja 4 tahun pacaran dan mereka memutuskan untuk menikah, tiba-tiba Andrea membatalkan rencana pernikahan begitu saja. Dan anyway 4 tahun itu bukan waktu yang sebentar. 

Belum lagi secara tiba-tiba pula Andrea datang dan mengajak Dika melihat pameran lukisan. Andrea datang kembali setelah menoreh luka perih di hati Dika. Semacam tanda-tanda menyesal dan ingin balikan. Di pameran lukisan tersebut Andrea dan Dika melihat lukisan sedih koala kumal dan terjadilah percakapaan di atas.

Sinopsis film Koala Kumal Raditya Dika. Resensi film Koala Kumal Raditya Dika. Review film Koala Kumal Raditya Dika.

Koala Kumal adalam film yang bercerita tentang Dika dan Andrea, sepasang kekasih yang pacaran dan akan menikah. Secara tiba-tiba, Andrea membatalkan rencana pernikahan tersebut karena lebih memilih James. Dika pun hanya bisa menerima semuanya dengan pasrah. Gara-gara putus cinta dengan Andrea, Dika jadi kehilangan ide untuk menulis padahal deadline sudah semakin dekat. 

Mengetahui Dika putus dari Andrea, mamanya justru sibuk mencarikan kenalan agar dapat bersanding dengan Dika. Terlebih karena Dika sudah janji ke adiknya bahwa ia akan datang bersama pacar di acara wisuda adiknya. Tapi namanya juga putus cinta. Dika masih belum bisa membuka hati dengan siapapun. Ia masih dilanda galau dan sedih karena Andrea begitu tega meninggalkannya begitu saja dengan alasan yang tidak jelas pula. Apa Andrea lupa dengan apa yang sudah kita lalui bersama dengan penuh kasih sayang? Mungkin begitu pikir Dika dalam hati.

Ketika bingung dengan ide tulisan dan mama sibuk mengenalkan dengan cewek baru, Dika diam-diam kabur karena sebenarnya dia tidak mau dijodohkan. Akhirnya, ia bertemu Trisna, cewek aneh ketua klub kutu buku yang secara langsung mengundang Dika untuk menghadiri acara review buku di klub kutu bukunya. Dika yang awalnya menolak pun menyetujui kemauan Trisna.

Salah satu scene lucu dimana Dika menunjukkan tempat duduk favoritnya dulu dengan mantan. Ternyata mantannya beneran duduk di situ sama pacar barunya. XD

Sebagai bentuk terimakasih, Trisna mengajak Dika makan malam di sebuah restoran. Dari sana Dika bercerita bahwa ia sedang patah hati. Restoran ini pun mengingatkannya pada kenangan bersama sang mantan, Andrea. Ketika Dika menunjukkan tempat duduk favoritnya dulu dengan mantan saat makan di restoran, tanpa diduga sang mantan beneran ada di situ bersama pacar barunya.

Ternyata Trisna adalah cewek yang baik hati. Ia tahu bahwa Dika sedang patah hati dan dengan pedulinya Trisna ingin membantu Dika untuk segera move on. Segala cara dilalui mulai dari aplikasi cari jodoh, acara kencan kilat, hingga menyabotase acara penggalangan dana di rumah sakit James, pacar sekaligus calon suami Andrea.

Dika pun pernah dilabrak sekali karena ia terlihat dekat dengan Trisna. Maklum karena Trisna adalah cewek incaran banyak cowok dan sampai saat ini belum ada satupun cowok yang berhasil deketin Trisna. Dika mengklarifikasi bahwa dirinya tidak ada hubungan apa-apa dengan Trisna. Dan ternyata di balik kebaikan Trisna membantu Dika untuk segera move on dan jutek sama semua cowok yang mendekatinya ada satu kisah. Kisah dimana Trisna juga mengalami putus cinta. Trisna pernah menjalin hubungan dengan cowok dan cowok itu berjanji untuk tidak meninggalkannya. Tapi pada akhirnya cowok itu meninggalkannya juga. Trisna sampai merasa bahwa inilah putus cinta terhebat yang pernah ia alami.

Jodoh itu bukan ditunggu tapi dikejar. Kamu boleh patah hati tapi jangan menutup pintu hati.

Mamanya Dika

Itulah nasihat bijak mamanya Dika untuk Dika yang semenjak putus dengan Andrea tidak ada tanda-tanda untuk memiliki pasangan baru. Dika sedikit demi sedikit luluh dengan nasihat mamanya tersebut.

Foto yang menyedihkan 😦

Mungkin kita pernah menyia-nyiakan seseorang begitu saja tanpa mempedulikan perasaannya. Tapi ingat! Ketika datang penyesalan, jangan coba-coba untuk kembali. Karena hati seseorang yang sudah tersakiti tidak akan sama seperti dulu sebelum kau tinggalkan. Tempat yang dulu menjadi tempat singgah yang nyaman tidak akan sama seperti sebelum kamu tinggalkan begitu saja. Ibarat kisah pilu koala kumal yang kembali ke tempat yang sama, tapi segalanya sudah berubah. Tidak sama seperti dulu lagi.

Iklan

3 respons untuk ‘Belajar dari Kisah Koala Kumal

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s