Resep Membuat Sambel Tempe


Resep membuat sambal tempe. Resep membuat sambal tempe.

Sebenarnya saya sudah menulis tentang resep membuat sambal tempe di sini. Tapi kali ini adalah versi lain bagaimana membuat sambel tempe sesuai dengan ajaran Ibuk saya. Resep ini cocok dicoba bagi pemula yang ingin belajar memasak. Resep membuat sambal tempe ini juga cocok bagi yang ingin memasak dengan cepat. Resep membuat sambel tempe ini juga cocok untuk sarapan karena memasaknya praktis dan tidak memakan waktu lama.

Pertama-tama siapkan bahan-bahan sebelum memasak.

  1. Garam
  2. Gula
  3. Cabe (berapa biji sesuai selera pedas masing-masing)
  4. Bawang merah dan bawang putih
  5. Minyak goreng
  6. Penyedap rasa bila diperlukan

Resep ini dianjurkan-bahkan diharuskan- menggunakan cobek untuk menghaluskan bumbu agar rasanya lebih mantap.

Adapun cara membuat sambel tempe antara lain:

  1. Potong bawang merah, bawang putih dan cabe menjadi kecil-kecil. Tiga bahan ini nantinya akan digoreng. Jadi jangan memasukkan bawang dan cabe ke dalam minyak panas dalam keadaan utuh. Terutama cabe karena kata Ibuk kalau cabe digoreng dalam keadaan utuh bisa meledak.
  2. Panaskan minyak. Jika sudah panas masukkan bawang merah, bawang putih dan cabe tadi. Goreng di minyak sampai warnanya kecoklatan alias matang. Setelah matang tiriskan.
    wp-1468760835485.jpg
  3. Tuang bawang dan cabe yang sudah digoreng tadi ke cobek. Uleg sampai halus. Beri gula dan garam dengan perbandingan gula satu sendok kurang dikit banding garam seperempat sendok. Haluskan bawang merah putih dan cabe sampai halus. Kata Ibuk dengan pemberian hal-hal berpasir seperti garam, gula atau merica akan memudahkan proses menguleg bumbu menjadi halus. Jadi bawang merah dan bawang putih tidak loncat kesana-kemari. Hehe.
    wp-1468760843177.jpg
  4. Potong tempe dengan bentuk persegi panjang-kira-kira seperti gorengan yang sering anda jumpai di pasar. Banyaknya tempe sesuaikan dengan kapasitas bumbu yang sudah anda haluskan. Goreng dalam minyak panas dan bolak-balek sampai berwarna coklat alias matang. Setelah matang baru tiriskan.
  5. Tuang tempe-tempe yang sudah matang di atas cobek. Pukul-pukul tempe dengan cobek hingga setengah hancur dan aduk merata dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Ini bertujuan untuk mencampur bumbu dengan tempe. Ingat! Tempe tidak dihaluskan tapi cukup pukul-pukul dengan cobek sampai keliatan hancur dan aduk merata dengan bumbunya.
  6. Sambel tempe siap disajikan. Nikmati bersama nasi panas. Jangan lupa gunakan toping kecap secukupnya di atas sambal tempe agar terasa lebih nikmat. Selamat mencoba!

Notes: Gambar contoh menyusul

*update gambar



Iklan

2 tanggapan untuk “Resep Membuat Sambel Tempe”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s