Terlalu Banyak Sosmed Bikin Pusing


Kebanyakan sosial media bikin pusing? Begitulah yang saya pikirkan sekarang. Mengingat beberapa hal yang membuat saya untuk berhenti memainkan sosial media.

Beberapa hari yang lalu saya bermain hape seharian. Maklum karena liburan dan waktu luang yang begitu lapang membuat saya terlena dan males-malesan. Tapi bermain hape seharian ternyata berdampak negatif bagi kondisi mata saya. Faktanya, mata saya sudah minus dan parahnya saya justru sering menatap hape dalam jangka waktu lama. Menatap layar-layar menyala dalam jangka waktu lama tentu membuat mata jadi lelah. Sama seperti saya. Mata saya

terasa perih dan pedas jika menatap layar terlalu lama. Entah karena radiasi atau memang kelelahan. Yang jelas rasanya tidak mengenakkan sekali. Jika sudah demikian akhirnya saya terpaksa berhenti memainkan hape. Daripada mata saya lebih sakit lagi.

Anyway after that reason, I deleted all of my social media applications from my phone. I thougt that those applications make me standed everytime to play my phone so much. Then it made me lazy to do anything. Karena kebiasaan sudah terbilang kecanduan denga hape dan sosial media, saya pun memutuskan hal ini. Selain untuk menghindari kebiasaan buruk juga karena saya merasa pusing jika memiliki banyak sosial media.

Bayangkan saja. Apakah kamu pernah mengalami apa yang saya alami? Hape setiap hari bergetar tiada henti karena ada satu pemberitahuan baru, lampu LED hape selalu menyala kala ada pemberitahuan baru, perasaan resah ketika tidak mengetahui kabar terbaru teman-teman melalui status mereka hari hari, marah-marah sendiri kalau sinyal internet hilang mendadak, ngobrol dengan orang lain melalui teks sampai senyum-senyum sendiri, sedih karena chat tidak dibalas atau hanya di-read, stalking beranda sosial media demi mengetahui kabar berita terbaru, heboh dengan status terbaru teman, iri dengan kebahagiaan orang lain yang senantiasa diunggah di sosial media, sindir-sindiran di sosmed sampai berantem tidak jelas maksudnya, galau waktu si doi pasanf status pacaran, langsung baper lihat akun si doi yang pasang foto cewek lain dan sejuta masalah baru lainnya yang muncul karena keberadaan sosial media. Rasanya hati begitu sumpek dan resah hanya dengan melihat kabar orang lain. Selain itu, keberadaan berbagai sosial media saat ini membuat kita betah berlama-lama dengan hape. Padahal tahukah kamu bahwa waktu kita begitu berharga untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dibanding dengan menghabiskannya hanya dengan berselancar di dunia maya atau chattingan dengan topik tidak penting? I am confused with those thing that happens. Belum lagi perkembangan sosial media yang begitu cepat. Rasanya capek juga kalau diikuti terus menerus.

I have been writing on this blog since 2009, I am very productive to write something new on my blog. But, since I knew what is Facebook one year later, my ideas and activities on blog is down slowly even I don’t write anything to my blog althought I knew that my blog has been seen and read by a lot of people around world. I am very busy to play and open Facebook everyday. Facebook has successful to make me spent my precious time to do something that vain. Waktu yang seharusnya bisa saya pakai untuk berkarya dan menghasilkan karya lewat tulisan harus terbuang begitu saja karena saya kecanduan main sosmed. Itu waktu kelas 6 SD hingga SMA. Bayangkan sudah berapa tahun saya hanya bermain sosmed padahal saya memiliki potensi yang seharusnya bisa dikembangkan selagi masih muda.

bersambung… di bagian #2

Credit photo from plazakamera.com

Iklan

Satu respons untuk “Terlalu Banyak Sosmed Bikin Pusing

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s