I Can’t Multitasking


Pernah mendengar istilah multitasking? Multitasking adalah kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Misalnya jam 9 malam saya menulis maka jam 9 juga saya membaca sebuah novel. Atau seperti saya yang sering mengetik tulisan baru di blog sambil makan. Saya sering melakukan hal ini. Karena kalau tidak seperti itu saya jadi lupa untuk makan. Hehe

Berbicara tentang multitasking, sebenarnya hal ini susah untuk dilakukan. Bahkan tidak bisa. Jika dipaksa untuk multitasking, maka pikiran akan terpencar dan kegiatan tidak akan dilakukan dengan maksimal. Atau bisa jadi ketika melakukan suatu kegiatan secara bersamaan, kita cenderung lebih memaksimalkan satu kegiatan yang dianggap sebagai prioritaskan. Sama seperti dalam kasus ketika saya menulis di blog sambil makan. Saya lebih fokus ke blog daripada makan. Alhasil

makan tidak berasa makan. Statusnya sih sudah makan tapi perut tidak merasa kenyang sama sekali walaupun makan dengan porsi seberapa pun. Ini karena pikiran saya fokus ke blog. Bukan untuk fokus di makan. Susahnya multitasking.

Saya menyamakan kasus ini dengan bagaimana aktivitas saya dalam menulis di blog. Setelah berkoar-koar heboh sebelumnya tentang aktivitas blogging di blog kedua, mendadak saya berubah pikiran. Jika sebelumnya saya berambisi untuk mengembangkan blog kedua di Blogspot, mendadak saya berubah haluan. Memang dasarnya masih abg labil, jadi pikiran gampang berubah-ubah. Semoga saya tidak berubah pikiran lain.

Jadi, alasan saya kemarin untuk mengembangkan blog di Blogspot karena tertarik untuk mengikuti Google Adsense. Saya mencoba daftar di Google Adsense dan ternyata blog saya tidak bisa bergabung. Bukannya tidak bisa sih, tetapi masih belum bisa. Satu persyaratan sudah saya penuhi yakni berusia minimal 18 tahun. Tapi alasan lain yang tidak bisa saya penuhi adalah jumlah pengunjung hariannya yang tidak lebih dari sepuluh. Mungkin saking sedikitnya, Google Adsense tidak melihat peluang pasar di sana. Karena menulis di dua blog sekaligus juga tidak maksimal dan membuat bingung, saya memilih impor semua data tulisan dari Blogspot ke WordPress. Saya lebih memilih yang pasti karena blog saya sudah diterima dan menghasilkan uang. Saya tidak ingin multitasking dan lebih memilih fokus di satu blog saja.

Fokus di satu hal akan lebih memaksimalkan hasil yang akan diperoleh lho. Saya pernah membaca suatu kata-kata mutiara berikut.

Aku tidak takut dengan satu orang yang memiliki banyak kemampuan. Aku hanya takut dengan orang yang hanya memiliki satu kemampuan tapi ia mengasahnya setiap saat.

Lupa ini kata-kata dari siapa. Pokoknya keren banget. Satu kemampuan yang diasah terus menerus akan menjadi sesuatu yang hebat dibandingkan dengan mengasah banyak kemampuan sekaligus karena fokus akan terbagi-bagi dan hasilnya tidak akan optimal.

Ini masih contoh kasus melakukan dua pekerjaan sekaligus. Apalagi kalau lebih dari itu.

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s