Menikmati Setiap Proses


1
One of notifications

Pemberitahuan: 2200 penayangan.

Penayangan hari ini : 7

Penayangan kemarin : 8

Itulah sederet kata yang selalu saya lihat setiap hari. Rasa penasaran saya akan sebuah blog selalu terletak pada statistik yang tak pernah lelah menghitung jumlah kunjungan. Ketika melihat hasil statistik, saya sudah memaklumi bahwasanya untuk sebuah blog baru sudah menjadi kewajaran jika sepi pengunjung. Meski postingan di blog sudah banyak sekalipun, karena blog masih baru, pengunjungnya hanya dalam hitungan jari. Itulah yang dinamakan proses.

Saat ini saya sedang mengembangkan blog baru di Blogger. Ingin mencoba suasana baru saja karena di WordPress sudah bertahun-tahun merasakan sensasinya. Di Blogger, saya ingin flashblack pengalaman saya pertama kali ngeblog alias mulai dari nol lagi. Semunya tidak mudah. Harus terus menerus menulis dan berinovasi dalam tulisan. Tak lupa untuk menjalin silaturahmi dengan sesama blogger di dunia maya agar mendapat lebih banyak pengalaman. Semenjak tahun 2009 sampai sekarang bukanlah waktu yang singkat untuk membangun sebuah blog hingga menjadi besar dan memiliki rating bagus.

3
Sekilas tampilan blog kedua saya.

Saya sudah melewati berbagai macam proses semenjak tahun 2009 demi membangun BaCaAnKu dari nol. Ini semua tidak mudah. Prosesnya cukup panjang dan melelahkan untuk menarik orang lain agar bisa menemukan blog saya dan mengunjunginya barang sejenak. Tapi lelah tidak terasa lelah dan panjangnya waktu tidak terasa lama karena saya melakukan itu semua karena hobi. Saya senang menulis dan menulis membuat saya lupa waktu lupa makan lupa mandi dan lupa-lupa lainnya. Karena saya senang melakukannya, saya tidak merasakan apa itu lelah. Karena saya senang menjalaninya, saya tidak merasakan segala kesulitan dalam proses. Entahlah.

Mungkin benar kata pepatah lama. Bersabarlah pada setiap proses. Karena ketika kau berhasil, kau akan terlena hingga lupa akan perjuangan dalam melalui berbagai proses. Karena itu tadi, yakni sudah mendapat keberhasilan. Saya pribadi jika ditanya bagaimana cara mengembangkan blog dan lain-lain, saya sudah lupa. Atau entahlah jika saya benar-benar lupa karena otak yang tidak digunakan untuk mengingat masa lalu dengan baik. Hehe. Mengenai proses pembuatan blog ini, sebagian besar saya lupa. Ada beberapa dari proses yang saya ingat tapi mungkin itu kurang dari 10% dari seluruh pengalaman yang sudah saya alami.

Intinya, dalam mengembangkan suatu blog diperlukan ketekunan, telaten, dan selalu berinovasi dalam menulisa berbagai tulisan baru. Rajin-rajin diisi saja blog baru. Semakin berisi semakin bagus untuk blog. Di samping itu, belajar sedikit demi sedikit tips supaya orang bisa mengetahui keberadaan blog baru dan segudang tips seputar ngeblog lainnya.

Saya sedang menjalani proses dari nol di Hmmmmm‘s blog. Ingin mengulangi dari awal bagaimana cara mengembangkan blog baru. Saya optimis apa  yang saya lakukan akan menuai hasil walaupun tidak secara cepat saat ini juga. Sekali lagi, butuh waktu lama untuk melalui berbagai proses hingga menjadi berhasil. Berhasil pun tidak berarti harus berhenti begitu saja. Tetap dibutuhkan inovasi baru agar lebih berkembang lagi dan lagi.

2
I believe that my blog will be great one! 🙂 😉

 

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s