Kehebohan Gerhana Matahari


Kehebohan Gerhana Matahari
Hari ini, tepatnya 9 Maret 2016 terjadi gerhana matahari yang terlihat di Indonesia. Gerhana matahari di Indonesia ini menjadi fenomena GMT pertama di abad 21 setelah sebelumnya terjadi yakni pada tahun 1983, 1988 dan 1995.

image

Abah bercerita bahwa zaman dulu ketika terjadi gerhana matahari, orang-orang tidak ada yang berani keluar rumah. Zaman dulu memang masih belum canggih dan ilmu pengetahuan tidak seluas sekarang. Jadi, mitos-mitos begitu dipercaya oleh masyarakat utamanya masyarakat jawa. Dulunya orang-orang percaya kalau matahari menghilang karena dimakan buto ijo. Wanita hamil bersembunyi di bawah kasur supaya tidak terjadi apa-apa. Abah dan keluarganya melaksanakan solat sunah gerhana matahari. Abah benar-benar meyakinkan bahwa saat gerhana matahari terjadi, tidak ada orang keluar rumah. Semuanya berdiam diri di rumah masing-masing atau di tempat lain seperti gedung sekolah dan lain-lain.

Zaman sekarang sudah berbeda. Masyarakat nampak antusias untuk melihat langsung gerhana matahari. Di berbagai daerah, mereka berhamburan keluar untuk menyambut gerhana matahari dengan menggunakan kacamata khusus. Mungkin ini contoh dampak globalisasi. Semua orang bisa dengan cepat mengetahui informasi tentang gerhana matahari. Tidak seperti zaman dahulu dimana orang-orang ketika tengah beraktifitas dikejutkan dengan matahari yang tiba-tiba hilang dan hari menjadi gelap sesaat. Maklum karena terbatasnya informasi dan ilmu pengetahuan. Berbagai efek yang dirasakan karena gerhana matahari sejauh yang saya rasakan adalah suhu udara yang mendingin dan tentu saja langit agak berbeda. Semacam lebih redup gitu hehe.

Saya sih melihat gerhana di tv saja. Walaupun di balkon rumah sudah terlihat jelas, namun saya lebih memilih tidak melihat gerhana matahari secara langsung karena takut mata rusak. Di televisi, berita-berita dan berbagai channel tv sudah menghebohkan diri dengan informasi seputar gerhana matahari. Mungkin demi rating #eehh.

Iklan

2 tanggapan untuk “Kehebohan Gerhana Matahari”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s