Gebyar Seminar Perguruan Tinggi 2016 bersama Forasta Tulungagung


image
Banner seminar yang diadakan Forasta Tulungagung

Hari ini, 10 Januari 2016, saya menyempatkan diri untuk menghadiri acara seminar perguruan tinggi yang diadakan oleh Forum Alumni SMK se-Tulungagung atau disingkat Forasta. Setelah sebelumnya mendapat broadcast acara ini melalui Line, saya bisa mengetahui adanya acara ini.

Acara yang diadakan Forasta berjudul Seminar Perguruan Tinggi 2016 dengan mengundang dua belas perguruan tinggi ternama diantaranya IAIN Tulungagung, Universitas Negeri Jember (UNEJ), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Sebelas Marat (UNS), Universitas Brawijaya, Universitas Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Setiap universitas mengirimkan setidaknya dua orang perwakilan untuk menjadi pemateri dalam acara ini. Lebih istimewanya lagi adalah karena Forasta memilih mahasiswa-mahasiswi asal Tulungagung untuk menjadi pemateri. Ini sudah seperti memberi motivasi tersendiri bagi semua peserta. Juga menambah kedekatan antara kakak-kakak mahasiswa dengan para calon mahasiswa karena berasal dari satu kota tercinta, Tulungagung.

Seminar Perguruan Tinggi yang memiliki semboyan “Jadilah Mahasiswa Perguruan Tinggi Impianmu untuk Pendidikan Tulungagung yang Lebih Maju” setidaknya diikuti oleh sekitar 500 peserta dari berbagai sekolah di Tulungagung. Jumlah ini bahkan melebihi kuota yang diprediksi Forasta Tulungagung yaitu hanya memperkirakan kehadiran kurang lebih 300 peserta. Acara yang dilaksanakan di bekas gedung DPD Golkar ini diikuti oleh peserta yang berasal dari kurang lebih 20 sekolah. Di antaranya adalah sekolah menengah kejuruan yang diundang oleh pihak Forasta Tulungagung untuk berpartisipasi dalam acara ini seperti SMKN 1 Boyolangu dan SMKN 3 Boyolangu.

image
Penjelasan beberapa jalur masuk PTN oleh Deby Nangin Drajat.

 

Seminar diawali dengan perkenalan beberapa jalur untuk masuk perguruan tinggi negeri. Setelah itu beruntun membahas tentang universitas-universitas bersama pemateri secara lebih spesifik. Tak lupa beberapa panitia membagikan brosur tentang universitas yang bersangkutan. Acara berlangsung kurang lebih tujuh jam. Dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Saya senoat nerasa ngantuk dan lelah duduk berjam-jam. Maklum saya ikut seminar ini sendirian. Jadi mungkin bosen banget. Semacam strategi atau apa, Forasta sengaja meletakkan universitas-universitas paling favorit sebagai pemateri di jam-jam terakhir. Mungkin tujuannya supaya peserta tetap di tempat. Hehe.

Meski berpeluh keringat (maklum karena suasana begitu ramai dan sumuk karena tidak ada kipas angin) tapi acara seperti ini terbukti bermanfaat. Dengan harga tiket masuk 20.000 rupiah kita bisa mendapatkan materi, berkenalan dengan kakak-kakak mahasiswa yang berpengalaman, dapat materi powerpoint dari semua pemateri, serta hal-hal yang sudah tercantum dalam brosur acara seperti snack, note, stiker dan sertifikat.

image
Foto sendirian.. Beruntung ada kakak-kakak dari UGM yang mau fotoin. 😀

 

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s