Apa Niat Hafalanmu?


From penacewek.com
From penacewek.com

Kemarin saya sempat berkonsultasi dengan salah satu guru saya. Waktu kala itu memberikan saya ruang kesempatan untuk mengeluarkan uneg-uneg yang selama terpendam dalam hati.

Dikisahkan, kesibukan saya sekarang adalah menghafal Al Quran. Karena hafalan yang semakin banyak dan penuh lika-liku kosakata yang rumit, diri ini semakin sibuk menjaga (hafalan) Al Quran. Saya ingin menghafal Al Quran karena untuk kebaikan saya sendiri. Saya menyadari betapa jeleknya masa lalu saya. Berharap dengan hafalan, Allah akan ridho dan mengampuni dosa-dosa saya. Lain pula karena motivasi hafalan saya adalah demi orang tua. Berharap semoga di akhirat kelak hafalan saya menyelamatkan mereka dari halang rintangan yang ada. Begitupun segudang alasan lainnya mengapa saya mau dan ingin menghafal Al Quran.

Tapi entah mengapa. Lama-lama hafalan saya seperti agak berbelok dari niat awal. Niatnya yang begitu mulai itu lama-lama berbelok menuju duniawi. Misalnya untuk mendapatkan sesuatu yang ada di dunia ini. Ketika saya menyadari hal tersebut, seketika itu juga saya galau merana. Apakah hafalan dengan niat yang aneh seperti ini akan diterima? Padahal saya sendiri menghafalkan Al Quran agar orang-orang yang selalu mendukung saya juga ikut senang.

Guru saya pun menjawab dengan bijaksana:

Setiap niat dalam kebaikan itu memang selalu ada gangguan niat. Yang kita lakukan adalah terus menjalani perbuatan baik tersebut tanpa ragu. Jika ada niat-niat yang bersifat duniawi, maka tindih niat tersebut dengan niat dasar mengapa kamu ingin menghafal Al Quran. Dan ingat-ingatlah bahwa hafalanmu, apa yang engkau dapatkan dari hafalan semata-mata adalah dari Allah. Semua dari Allah. Jangan lantas kamu merasa itu adalah usahamu sendiri lantas kamu sombong. Allah lah yang mengkehendaki hafalanmu bertambah. Allah lah yang memberimu hafalan. Berdoalah kepada Allah karena jika memang sesuatu dari dunia yang kamu inginkan, didapatkan atau tidak itu adalah keputusan dari Allah. Bukan karena usahamu sendiri.

Setelah mengetahui semua itu, saya menjadi sedikit lega. Karena niat saya tidak sepenuhnya salah. :))

Iklan

2 thoughts on “Apa Niat Hafalanmu?”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s