Sekilas Tentang Mobile-Friendly


Setelah lama tidak membuka blog, saya iseng mengutak-atik isian dari blog ini. Lebih tepatnya di laman admin. Ketika itu saya kebetulan menemukan pengaturan mobile-friendly. Apa itu mobile-friendly? Mobile-friendly adalah tampilan blog yang bersahabat bagi smartphone atau tablet Anda. Dalam artian tampilan blog Anda tidak akan berantakan jika dibuka lewat perangkat mobile. Tampilannya rapi dan mudah dibaca oleh pengguna seluler.

Mobile-friendly sendiri tergantung dari desain template Anda. Bisa juga pengaturan yang sudah tersedia di layanan blog masing-masing. Setahu saya di Blogger dan WordPress sudah ada pengaturan ada tidaknya tampilan mobile-friendly. Kalau di Tumblr masih belum tersedia. Maklum Tumblr sejatinya adalah blog foto.

mfsd
Pengaturan tampilan mobile di WordPress. Dilihat melalui wp-admin.
blogg
Pengaturan seluler pada Blogger.com.

Tadinya saya iseng mencoba bagaimana WordPress menyajikan tampilan mobile-friendly bagi penggunanya. Karena saya memakai tema Reddle yang sudah terdesain mobile-friendly, maka tampilan BaCaAnKu jika dibuka melalui seluler akan nampak seperti ini.

wpid-screenshot_2015-06-22-13-40-53.png
bacaanmenarikku.com jika dibuka melalui Opera Mini lama
wpid-screenshot_2015-06-22-21-27-20.png
Sidebar dengan background hitam menambah kesan elegan. Saya banget!

wpid-screenshot_2015-06-22-13-42-14.png

Lalu ketika saya setting dengan mengaktifkan mobile-friendly maka tampilan seluler blog saya di https://namabloganda.wordpress.com/wp-admin/themes.php?page=mobile-options semuanya menjadi berubah.

wpid-screenshot_2015-06-22-21-25-10.png
Masih dibuka melalui browser Opera Mini lama.
wpid-screenshot_2015-06-22-21-25-29.png
Semuanya jadi serba putih dan monoton. Kurang menarik. 😦

wpid-screenshot_2015-06-22-21-25-39.png

Pada dasarnya semua desain tema gratis di WordPress sudah mobile friendly. Tapi begitulah WordPress ingin memberikan fasilitas baru. Oiya, jika ingin memeriksa apakah blog Anda sudah memiliki tampilan mobile friendly bisa cek di Pengujian Google. BaCaAnKu ini sudah dinyatakan mobile-friendly oleh Pengujian Google. Perlu diketahui bahwa tampilan mobile friendly ini memengaruhi mesin penelurusan Google lho. Karena Google sendiri sangat merekomendasikan desain template yang mendukung penggunaan seluler yang semakin canggih di zaman sekarang. Google akan lebih merekomendasikan website yang memiliki tampilan mobile-friendly untuk dikunjungi.

Artikel atau tulisan ini hanya untuk sekedar berbagi. Maklum sama-sama blogger pemula ada baiknya jika kita saling berbagi. 😉

Iklan

3 tanggapan untuk “Sekilas Tentang Mobile-Friendly”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s