Zat-Zat Makanan yang Dibutuhkan oleh Manusia Biologi SMA


Zat-Zat Makanan yang Dibutuhkan oleh Manusia Biologi SMA
Zat-zat dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi seimbang antara lain adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Penjelasan detail mengenai zat-zat makanan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Karbohidrat
Karbohidrat ditemukan paling banyak dari tumbuhan. Karbohidrat berfungsi sebagai sinber energi utama, pengatur metabolisme lemak, dan sebagai hemat protein. Pada umumnya karbohidrat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu

monosakarida, disakarida, dan polisakarida.
a. Monosakarida terdiri dari glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Glukosa dapat ditemukan di buah-buahan. Fruktosa yang merupkan jenis karbohidrat paling manis ini juga dapat ditemukan di buah-buahan dan madu. Sedangkan galaktosa adalah jenis monosakarida yang banyak terdapat pada susu.
b. Disakarida terdiri dari sukrosa, maltosa, dan laktosa. Sukrosa adalah gula dalam pengertian kita sehari-hari. Sedangkan laktosa adalah gula susu yang banyak terdapat pada air susu hewan mamalia.
c. Polisakarida terdiri dari amilum, glikogen, dan selulosa. Amilum atau zat banyak ditemukan pada tumbuhan yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan misalnya umbi kentang, biji, dan kacang-kacangan. Glikogen banyak ditemukan pada hati dan otot hewan vertebrata. Selulosa terdapat pada dinding sel tumbuhan.

Berdasarkan tingkatan kemanisan, susunan jenis-jenis karbohidrat adalah:
1. Fruktosa (paling manis)
2. Sukrosa
3. Glukosa
4. Maltosa
5. Galaktosa
6. Laktosa

Sedangkan berdasarkan susunan molekulnya, karbohidrat terdiri atas gabungan sebagai berikut:
1. Sukrosa = glukosa + fruktosa
2. Laktosa = glukosa + galaktosa
3. Maltosa = glukosa + glukosa
4. Amilum = glukosa + glikogen

Kelebihan karbohidrat menyebabkan zat karbohidrat yang menumpuk berubah menjadi lemak dan tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan obesitas atau kegemukan. Sedang kekurangan karbohidrat akan menyebabkan lemak diubah menjadi energi sebagai pengganti karbohidrat. Lemak yang menyusut akan mengambil protein untuk diubah menjadi energi. Protein yang menyusut memyebabkan penyusunan jaringan karena protein adalah zat pembangun tubuh.

2. Lemak (lipid)
Lemak merupakan zat yang sukar terlarut dalam.air dan merupakan senyawa heterogen. Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, perlindungan tubuh, membuat rasa kenyang, pengatur suhu tubuh, dan pelarut vitamin A, D, E, dan K.

3. Protein
Protein adalah zat pembangun bagi tubuh. Seperlima bagian tubuh adalah protein dan menjadikannya sebagai bagian terbesar dari tubuh sesudah air. Fungsi protein adalah sebagai penghasil zat yang baru, sumber energi, antibodi, mengankut zat-zat gizi, sebagai zat pembangun tubuh. Protein dibedakan menjadi dua, protein asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh namun tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Sedangkan asam amino nonesensial adalah protein yang disintesis dalam tubuh.

Kekurangan protein dapat mengakibatkan marasmus yaitu kondisi mental dan fisik yang sukar diperbaiki. Juga menyebabkan kwashiorkor yaitu pertumbuhan tubuh yang terhambat. Sedangkan jika kelebihan protein akan mengakibatkab obesitas, dehidrasi, diare, kelebihan amonia dan urea dalam darah serta kelebihan asam amino. Kelebihan asam amino akan memberatkan hati dan ginjal.

4. Vitamin
Vitamin dibedakan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B kompleks, H, dan C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Fungsi vitamin adalah sebagai pengatur proses metabolisme, membantu pertumbuhan, mempertahankan gizi yang normal, mempertahankan fungsi jaringan, sebagai bagian dari enzim atau koenzim yang mengatur proses metabolisme, dan membantu pembuatan zat-zat tertentu dalam tubuh.

5. Protein
Mineral berfungsi untuk memelihara keseimbangan asam-basa, memelihara keseimbangan ion-ion dalam.cairan tubuh, penyusun jaringan, sebagai komponen hormon dan enzim, dan zat yang membantu transfer zat-zat melalui membran sel.

Mineral.dibedakan menjadi dua.
a. Mineral makro
Dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Contohnya adalah Na, Cl, K, Ca, P, Mg, dan S.
b. Mineral mikro
Dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Contohnya adalah Fe, Zn, I, Se, Mn, F, Cu, Cr, Mo, dan Co.

Sumber: Buku Erlangga

Iklan

7 tanggapan untuk “Zat-Zat Makanan yang Dibutuhkan oleh Manusia Biologi SMA”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s