Apa Sih Resiko Mengganti Nama Domain Blog?


Nama domain blog atau alamat URL memang menjadi salah satu hal penting bagi kelangsungan hidup blog anda. Karena dengan nama domain yang baik akan memudahkan pengunjung untuk mengakses blog anda kembali. Hal ini karena alamat URL blog anda mudah untuk diingat. Ketika awal saya membuat blog WordPress ini dengan asal-asalan alias iseng saja. Tidak ada pikiran apapun mau dibawa kemana visi dan misi blog ini. Yang terpenting bagi saya adalah tulisan-tulisan saya akan dengan mudah dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang. Ketika memilih nama domain, saya hanya mencoba-coba dan akhirnya menemukan nama domain yang tidak pernah terpakai oleh orang lain.

URL

bacaanmenarikku.wordpress.com adalah satu-satunya dari sekian nama domain yang saya coba saat mendaftar WordPress. Akhirnya saya benar-benar menggunakan alamat tersebut. Hingga akhirnya setelah lima tahun berlalu. Saya bisa upgrade nama domain dengan memakai dotcom karena permintaan kedua orang tua. Jadilah sekarang blog ini memiliki nama domain bacaanmenarikku.com dan lagi-lagi nama domain ini belum ada yang memakai.

Baiklah! Sekarang fokus ke judul awal. Mengingat resiko dari setiap pilihan itu ada. Salah satunya adalah bagaimana nanti jika anda memilih untuk mengganti nama domain blog. Coba perhatikan point demi point yang akan saya tuturkan berikut ini.

1. Kehilangan traffik

Jika blog anda masih baru, tidak apa-apa untuk mengganti nama domain dengan mudah. Tapi bagaimana jika misalnya blog anda sudah memiliki kunjungan yang lumayan perharinya? Tentu mengganti nama domain akan beresiko. Karena jika anda mengganti nama domain maka anda harus mendaftar ulang di mesin pencari. Mesin pencari tidak akan mengikuti pergantian URL pada blog anda. Jadi anda harus mendaftar ulang alamat blog dengan domain baru di mesin pencari. Akibatnya tentu saja pencarian untuk blog anda akan berubah.

2. Persaingan nama domain yang sulit

Karena ada banyak sekali situs-situs di internet dengan nama domain yang mudah maka akan semakin sulit bagi anda untuk memakai nama domain dengan kata yang mudah. Misalnya saya kemarin ingin mendaftar nama domain dengan alamat bacaanku.com tapi sayang sudah ada yang memakai. Saran saya adalah sebaiknya anda menggunakan nama domain blog sesuai nama anda. Atau ciptakan sebuah kata baru seperti Facebook, Kaskus, Google, dan lain-lain.

3. Urusan backlink menjadi ribet.

Jika anda adalah tipe orang yang suka blogwalking alias silaturahmi ke blog-blog lain. Apalagi jika anda senang melakukan backlink atau tukar link untuk mempererat silaturahmi. Maka secara otomatis urusan backlink blog anda akan bermasalah. Jika sahabat blogger sudah meletakkan backlink blog anda dengan nama domain lama, maka akan susah untuk mengabari satu per satu bahwa alamat blog anda sudah ganti.

Barangkali masih beberapa point saja yang bisa saya bagikan. Ada tambahan lain?

Iklan

7 tanggapan untuk “Apa Sih Resiko Mengganti Nama Domain Blog?

  1. makasih banyak artikel nya sangat bermanfaat..ada yang mau saya tanyakan mas, blog saya yang 1 lagi saya ganti domain dengan .com beberapa waktu lalu. nah setelah saya ganti domain, website saya jadi lemot dan sering sekali halamannya tidak muncul malah muncul tulisan TIDAK ADA DATA YANG DITERIMA. itu kenapa ya mas kira2 ? salam kenal alamsyah tour n travel

    1. Mungkin karena isi konten dalam blog anda terlalu berat untuk diakses atau mungkin server domain yang anda beli tidak memiliki kapasitas server yang memadai.

  2. Saya sudah lama membuat website pakai wordpress gratisan dan sekarang pengunjungnya sudah stabil di > 700 visitor/day. Sempat kepikiran juga untuk mengganti dengan dot.com, tapi budgetnya lumayan juga. dan cari-cari apa dampaknya jika domain diganti. Akhirnya berpikir ulang lagi. Mending bikin blog baru. ^_^. Terimakasih.

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s