Cara Membuat Submenu pada WordPress


Cara Membuat Submenu pada WordPress

Cara Membuat Custom Menu

Apa itu submenu? Submenu bisa disebut sebagai anakan menu dimana ketika kita mengarahkan mouse ke pilihan menu, maka akan ada pilihan menu lain yang muncul. Contohnya seperti yang saya lakukan ini. Saya mencoba membuat submenu kategori untuk blog saya.

menu2

Lalu bagaimana membuat submenu pada blog WordPress? Berikut caranya.

1. Pastikan anda sudah log in di akun WordPress anda. Lalu masuklah ke halaman wp admin. Bisa dengan mengetik https://namabloganda.wordpress.com/wp-admin di URL address. Silahkan ganti tulisan warna merah dengan nama blog anda.

2. Scroll halaman sedikit ke bawah hingga menemukan Tampilan lalu klik Menu.

men
Sebenarnya ini sudah dinamakan submenu atau anakan menu. 🙂

3. Sekarang anda sudah ada di halaman pengaturan untuk menu. Di bagian kiri akan ada pilihan Halaman, Tautan, Kategori, dan Format. Anda bisa memilih apa saja. Namun saya memilih kategori untuk dijadikan submenu. Centang kategori yang dibutuhkan lalu klik Tambahkan ke Menu. Nanti secara otomatis yang kita pilih akan muncul di menu (menjadi bagian dari menu). Sama dengan ketika anda memilih tautan. Anda bisa memasukkan tautan lain selain untuk blog anda. Misalkan mencantumkan tautan alamat facebook, twitter dan instagram.

afdaw4. Selanjutnya adalah tinggal geser perlahan menu yang baru saja anda tambahkan menjadi submenu di menu yang anda inginkan hingga formatnya berubah menjadi sub item. Di sini saya menggeser kategori ke menu Kategor yang sudah saya siapkan.

menu

Dan viola! Akhirnya submenu anda sudah jadi. Tapi saya masih kurang tahu apakah pengaturan submenu ini berlaku untuk seluruh tema blog WordPress atau hanya sebagian saja. Saya memakai The Reddle Theme yang mendukung adanya custom menu atau pengaturan submenu. Bagaimana dengan tema yang sekarang anda pakai? Apakah sesuai untuk submenu? Atau barangkali ada pertanyaan lain?

Iklan

8 tanggapan untuk “Cara Membuat Submenu pada WordPress

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s