Kekurangan Menulis di Blog


Setiap hal selalu memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Termasuk pula pada blog. Blog adalah sebuah media yang nyaman untuk menulis terutama bagi mereka yang gemar online dan selalu menulis dengan cara mengetik. Kelebihan blog cukup banyak. Di antaranya adalah kemudahan menyimpan tulisan-tulisan kita dalam jumlah besar. Juga kemampuan untuk mengubah desain tampilan pada blog. Namun di sisi lain, blog memiliki sisi kelemahan yang mungkin akan terasa menyebalkan bagi para blogger.

Setelah beberapa kali saya menganalisa dan membaca dari beberapa situs di internet, saya menyimpulkan beberapa kelemahan dalam menggunakan blog sebagai media berbagi tulisan dengan cepat. Beberapa kelemahannya antara lain:

1. Rawan copy paste.

Hal ini yang yang sering terjadi di dunia maya. Dimana tulisan-tulsain yang sudah kita buat sedemikian rupa bisa dengan mudahnya di copy paste oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan ada yang sampai tidak mencamtumkan sumber darimana pelaku copy paste ini mendapatkan tulisannya. Bila anda menggunakan blog dengan pengaturan biasa maka tulisan-tulisan yang termuat di blog anda akan mudah di kopas. Sebaiknya atur blog anda supaya tulisan di dalamnya tidak bisa diblock untuk dikopas atau anti klik kanan. Hal ini mudah saja di lakukan oleh pengguna blog dari situs Blogspot dan Tumblr dengan hanya mengedit kode template. Tapi masih belum tersedia bagi pengguna blog dari WordPress dengan hosting gratisan. Artinya jika ingin blog WordPress anda bisa anti kopas, blog anda harus di upgrade terlebih dahulu.

2. Foto yang mudah dicuri

Ini khusus untuk blogger yang mendidasikan dirinya untuk mengunggah foto-foto jepretan di blog. Banyak fotografer yang mulai tertarik untuk mengunggah hasil karyanya ke blog agar karya-karnya semakin dikenal. Namun hal ini bisa cukup berbahaya akan pencurian foto. Biasanya akan ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang akan mencuri karya anda dan justru menjualnya dengan harga yang tidak murah. Untuk itu, biasakan untuk selalu menyisipkan Copyright pada setiap hasil karya jepretan anda sebelum diunggah ke blog.

3. Banyak yang menyalahgunakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa ternyata blog juga bisa digunakan untuk bisnis online. Baru-baru ini bisnis online menjadi salah satu usaha paling menjanjikan. Namun masih saja ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan blog sebagai ajang penipuan. Hanya dengan menampilkan foto-foto barang beserta testimoni palsu, calon pembeli biasanya akan begitu saja percaya lalu mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu kepada pelaku.

4. Nama domain blog

Nama domain atau alamat URL pada sebuah situs/blog adalah salah satu hal terpenting. Dimana blog anda akan mudah diakses kembali oleh orang yang baru mengenal blog anda karena nama domain yang mudah untuk diingat. Namun semakin dengan bertambahnya minat orang akan blog dan ketatnya persaingan, maka nama domain yang bagus semakin sulit dicari. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari nama domain terbaik bagi blognya agar mudah diakses. Karena penggunaan kosakata yang rumit akan membuat orang tidak langsung ingat dengan alamat blog anda. Misalkan jika anda membuat blog beralamatkan seperti nama anda. Maka dari itu bagi blogger baru harus pintar-pintar mencari nama domain yang tepat.

5. Hanya dapat diakses selama ada koneksi internet

Ini adalah salah satu hal utama dalam penggunaan blog. Baik untuk mengakses, membaca isi blog, atau untuk menambah tulisan baru maka diperlukan koneksi internet. Blog adalah salah satu media yang tersedia di internet. Maka dari itu sangat tidak mungkin blog akan bisa diakses secara offline. Blog hanya bisa diakses secara online atau terkoneksi pada jaringan internet.

6. Membuat mata lelah

Salah satu hal lain yang menjadi kekurangan blog adalah menyangkut kondisi mata saat melihat layar monitor. Tidak mungkin kita akan betah berjam-jam untuk melihat layar monitor yang terus menyala walau ide menulis tiada habisnya. Menatap layar monitor terus menerus juga tidak baik. Hal ini bisa menjadikan mata lelah, terlihat kantung mata, mata memerah, atau bahkan bisa terjadi kerusakan pada mata. Mungkin hal yang paling disukai adalah menulis (baca: mengetik) tanpa lelah. Namun di satu sisi mata yang akan terkena imbasnya. Maka dari itu jangan berlama-lama menatap layar.

Mungkin itulah beberapa kekurangan dari blog. Ada tambahan lain dari pembaca?

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s