Kenapa Harus Mencontek?


image

Kenapa harus mencontek?
Sebagian besar dari kita-para pelajar- tentunya sudah kenal dengan istilah apa itu mencontek. Bahkan bisa jadi itulah hal yang biasa dilakukan oleh sebagian besar pelajar. Bisa ketika mengerjakan PR. Namun yang paling sering adalah ketika musim ujian.

Sudah banyak diketahui pula bahwa mencontek sendiri bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan kecurangan yang kita lakukan untuk mendapatkan nilai terbaik tanpa usaha. Apakah benar seperti itu cara kita mendapat hasil terbaik?

Mencontek adalah suatu hal yang buruk untuk dilakukan. Dimana kita tidak melakukan dengan jujur atas kemampuan sendiri. Di samping itu, mencontek juga membuat kita terbiasa malas untuk belajar dan berusaha. Terlebih jika hal sesepele ini sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Seorang pelajar tidak boleh meremehkan hal tersebut. Karena kebiasaan mencontek yang telah menjadi rutinitas saat ujian ini akan berdampak buruk bagi diri pelakunya. Sifat tidak jujur ini yang pertama akan memunculkan rasa tidak percaya diri pada kemampuan pribadi. Soal-soal yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah menjadi begitu sulit untuk dikerjakan. Padahal jika dipikir-pikir, materi tersebut tidak semengerikan itu untuk dipelajari. Kondisi seperti ini lah yang akan membuat seseorang menjadi bergantung pada orang lain. Ia jadi enggan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Tidak mempercayai kemampuan diri rupanya akan menjadi kondisi mental kita jika menjadikan budaya contek mencontek menjadi kebiasaan.

Belum lagi mengenai keadaan hati yang tidak tenang. Seseorang yang terbiasa mencontek akan selalu resah karena tidak bisa menghadapi masalah di depannya dengan baik. Sudah malas berusaha, tidak percaya akan kemampuan diri, sampai akhirnya akan menjadi sosok yang tidak jujur dengan bergantung pada jawaban orang lain. Dengan kata lain seseorang yang mudah bergantung dan meminta pertolongan kepada orang lain-padahal ia mampu melakukannya-akan menjadi sosok yang tidak bisa mandiri.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia. Melihat akan maraknya aksi mencontek seperti ini bukankah membuat bangsa kita menjadi buruk? Seolah-olah Indonesia tidak memiliki pemuda-pemudi yang berkompetensi dan cerdas. Ayo jangan jadikan kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia justru membiasakan diri untuk mencontek. Yakinlah bahwa kita adalah generasi yang cerdas, percaya diri, mandiri, dan jujur dengan tidak mencontek melainkan dengan upaya sendiri. Bukankah jujur itu lebih baik?

Jika dalam hal sesepele itu (baca: mencontek) tidak jujur. Apalagi jika dalam amanah menjadi masa depan Indonesia selanjutnya? Mungkin kita patut mencurigai pelaku-pelaku korupsi saat ini. Apakah mereka memiliki kebiasaan tidak jujur semenjak kecil dan hal itu pula yang selama ini disepelekan?

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s