Kekuatan dalam Menulis-Menulis adalah Belajar


image

Kekuatan dalam Menulis-Menulis adalah Belajar
Kemarin saya sempat membuka arsip blog BaCaAnKu yang terdahulu. Saya menyempatkan diri untuk napak tilas sejenak dengan tulisan-tulisan yang pertama kali saya posting di blog ini. Saya melihat tulisan-tulisan saya pada sepanjang tahun 2010 sampai 2011.

Banyak yang saya tulis kala itu. Dengan otak standar lulusan sekolah dasar, saya sanggup membuat dan menulis di BaCaAnKu seorang diri. Walau tulisan-tulisan masa lalu itu saya tulis dengan model berantakan dan ada kesan lucu untuk dibaca. Orang tua hanya memberi fasilitas internet di rumah. Tinggal bagaimana saya
bisa memanfaatkannya.

Ternyata, tulisan saya pada zaman dahulu dengan yang sekarang memiliki banyak perbedaan. Dari tulisan terdahulu yang dirangkai dengan kata-kata acak dan terbaca aneh, namun itu sudah menjadi bagian dari pembelajaran saya akan dunia tulis menulis.

Menulis, bukan sekedar hobi bagi mereka yang senang melakukannya. Tapi hal ini sudah merupakan dunia tersendiri dan terlihat begitu mengasyikkan. Terbukti dengan banyaknya blog dari orang-orang yang memiliki hobi menulis. Blog seakan sudah menjadi wadah dan dunia mereka dalam menyampaikan ide-ide secara tertulis tanpa harus menerbitkan sebuah buku.

Kembali kepada menulis. Menulis adalah proses pembelajaran yang baik. Dimana seseorang yang gemar menulis dapat mengetahui perkembangan pola pikirnya dengan membandingkan antara tulisannya dulu dengan yang sekarang. Perbedaan pasti akan ada karena seiring berjalannya waktu, seseorang akan terus belajar bagaimana cara menulis dengan baik dan benar. Pastinya ia akan mencari ide-ide menulis dengan membaca dan membaca.

Inilah kekuatan dalam menulis. Dimana seseorang yang tengah belajar menulis akan mencari sumber referensi terbaik untuk dibaca. Dengan demikian, tak heran jika seorang yang senang menulis biasanya juga senang membaca. Karena membaca adalah sumbernya ide menulis dicetuskan.

Jangan jadikan menulis tidak sebatas suatu kesenangan saja. Tapi kembangkan batasnya menjadi suatu proses belajar yang baik. Hal itu akan membuat Anda paham apa kekuatan dari tulisan-tulisan yang Anda buat.

Apakah Anda memiliki pandangan lain tentang menulis?

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s