Cara Membuat Resensi Novel atau Film


Cara Membuat Resensi Novel dan Film

Mungkin jika ada teman-teman yang merasa kesulitan untuk membuat suatu resensi. Resensi atau resentie sendiri adalah ringkasan pembahasan mengenai buku ataupun film tertentu. Pastinya ringkasan penjelasan itu dijelaskan secara singkat. Tidak hanya itu, resensi juga dilengkapi dengan data buku atau film yang menjadi bahas resensi kita.

Menurut aturan yang ada. Kerangka resensi adalah sebagai berikut:

1. Judul resensi

Judul resensi harus berbeda dengan judul film/buku yang akan kita resensikan. Pasalnya judul ini berguna supaya resensi kita bisa menarik perhatian pembaca.

2. Data buku/film.

Data adalah sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya adalah nama pengarang, nama sutradara, durasi film, tebal buku, penerbit, tahun terbit, tahun rilis, dan lain-lain. Tentunya pencantuman data ini tergantung opsi objek yang ingin diresensikan. Bisa buku atau film.

3. Sinopsis.

Sinopsis merupakan garis besar dari sebuah resensi. Sinopsis yakni menceritakan ulang secara singkat mengenai isi dari buku/film yang sengaja kita resensikan. Pastinya jika kita ingin meresensi sebuah buku, kita harus membacanya terlebih dahulu. Atau jika ingin meresensikan film, kita harus menontonnya terlebih dahulu. Hal ini memudahkan untuk pembuatan sinopsis dengan yang tertangkap dalam benak kita.

4. Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan kekurangan ini bersifat opsional. Artinya bisa dicantumkan atau tidak di sebuah resensi. Biasanya kelebihan dan kekurangan ini berdasarkan opini kita. Jadi lebih bersifat sebagai kritik dan saran untuk yang bersangkutan. Misalnya penulis buku, sutradara film, atau aktor-aktor pemeran film tersebut.

Berikut saya contohkan sebuah resensi sebuah buku.

nm

Usahakan menambahkan gambar seputar apa yang kita resensikan. Misalkan dengan sampul buku. Atau bisa juga poster film yang kita resensikan agar tulisan kita menjadi lebih menarik.

Semoga tulisan saya bisa membantu. Selamat mencoba 🙂

Iklan

18 tanggapan untuk “Cara Membuat Resensi Novel atau Film”

    1. Gak ada. Hehe. Tp bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Kalau unsur intrinsik ekstrinsik itu lebih ke menganalisa buku ato cerita yg sudah dibaca. Diteliti istilahnya.

  1. maaf kak, kalau yang diresensi itu cerpen yang diambil dari web tertentu, apakah tetap pakai tebal buku, penerbit, banyak halaman dan sebagainya yang berhubungan langsung dengan buku ?
    terimakasih kak

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s