Jurnalistik adalah Menulis


Saya pernah mendengar suatu ketika, tentang bagaimana cara membuat resensi suatu hal. Novel misalnya. Bagaimana cara kita dengan piawanya merangkai kumpulan kata sehingga apa yang kita rangkai akan bermanfaat bagi pembaca. Entah seperti pembaca akan tertarik dengan tulisan kita. Ataupun merasa terbantu akan hal lainnya. Intinya adalah bagaimana kita menjelaskan suatu hal dengan cara semenarik mungkin walau sejatinya itu adalah hal sederhana saja.

Tidak bisa saya pungkiri, ternyata menulis seperti ini tidak melulu soal menuliskan ide cerita seperti buku-buku novel kebanyakan. Melainkan dunia tulis menulis juga tidak jauh-jauh dari jurnalistik.

Pasti Anda sering mendengar apa itu jurnalistik. Jurnalistik adalah salah satu kategori menulis yang didasari wawancara atau pengambilan informasi dari pihak bersangkutan. Hasilnya adalah berupa tulisan yang menarik untuk dibaca. Awalnya, saya tidak menyukai hal ini. Buat apa jurnalistik? Toh saya hanya ingin menulis saja dan tidak berminat untuk membuat tulisan yang aslinya membahas orang lain. Namun pendapat saya ini ternyata salah. Jurnalistik atau wawancara tidak berarti harus mengenai orang lain. Bisa hal-hal lain seperti makanan, suatu tempat, acara tertentu, dan lain sebagainya.

Lamat-lamat saya mulai menyelami dunia jurnalistik. Membayangkan bisa mengetahui banyak hal melalui wawancara, penelitian dan pengambilan informasi tentunya akan menjadi suatu hal baru yang menyenangkan. Sebisa mungkin saya ingin membuat artikel-artikel menarik yang saya dapatkan dari jurnalistik. Semoga segala yang saya tulis akan bermanfaat bagi pembaca.

Ingat, jurnalistik itu adalah bagian dari menulis. Hehe

Iklan
Dikirimkan di Blog

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s