Tidak Mampu Mengatasi Komentar Spam


Ketidakmampuan WordPress Gratis untuk Mengatasi Komentar Spam

How-To-Reduce-Spam-Commenting-From-Your-Blog.

Untuk saat ini, komentar-komentar spam sudah menjadi kendala yang cukup serius di blog saya. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali komentar-komentar ala spammer yang tidak jelas memenuhi tulisan-tulisan saya. Yang semuanya justru menjadi “sampah” pada blog saya. Dengan isi komentar spam yang menggunakan bahasa asing dan benar-benar tidak jelas semua isinya, saya hampir tidak bisa mengatasi itu semua. Terlebih karena saya menggunakan blog WordPress yang gratisan seperti ini.

Spam biasanya dikirim dengan mesin. Bukan dengan ketikan tangan manusia. Karena biasanya spam dikirim ribuan kali dalam sekali dua kali klik. BIasanya spammer mengincar situs-situs dengan pengunjung lumayan besar untuk dapat mengenalkan produknya ke semua orang. Namun, seringkali yang terlihat justru spam berisi hal-hal yang tidak jelas dan bisa jadi mengandung virus. Virus dapat dikirim melalui spam untuk membobol data pribadi Anda di internet.

Saat menjelajah kesana kemari dengan Google memang banyak sekali ditemukan cara-cara untuk mengatasi komentar-komentar spam yang masuk di blog berbasis WordPress agar tidak ada lagi komentar spam yang masuk. Namun, segala tutorial yang saya temukan tidak ada yang dapat digunakan untuk blog gratisan seperti saya. Kebanyakan dari para blogger di situsnya menyarankan untuk menggunakan plugin antispam pada WordPress. Dan karena untuk mengaktifkan plugin pada suatu blog itu tidak bisa secara gratis. Maka blog saya ini tidak dapat melakukan cara pemasangan plugin tersebut.

Belum lagi dengan cara memasang kode antispam dimana orang-orang yang akan berkomentar harus memasukkan kode yang tertera untuk memastikan bahwa dirinya bukan spammer. Di blog berbasis WordPress, hal ini dapat digunakan dengan memasang plugin juga. Namun hal semacam ini meskipun efektif mengatasi spam tapi juga sedikit menjengkelkan orang-orang yang ingin berkomentar karena terkesan ribet prosesnya. Biasanya fitur-fitur seperti ini sudah ada di blog yang berbasis Blogspot dengan sendirinya untuk pengatasan komentar spam.

Untuk saat ini saya hanya bisa pasrah dengan Akismet yang dijanjikan WordPress untuk pengamanan spam pada blog gratisan seperti ini. Dari awal saya menulis dari tahun 2010 hingga sekarang, sudah tercatat lebih dari 17000 komentar spam yang masuk. Sangat jauh dengan total komentar pembaca yang hanya sekitar 2000-an lebih. Komentar-komentar yang terdeteksi spam oleh Akismet dimasukkan ke dalam folder tangguhan dalam akun blog ini untuk menanti persetujuan langsung dari saya. Apa boleh buat? Karena hanya blog gratisan jadi harus banyak-banyak bersabar saja. Hehe

Iklan

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s