Cara Menambahkan Widget Twitter Timeline pada WordPress


Cara Menambahkan Widget Twitter Timeline pada WordPress

twitter-exercises

Mungkin Twitter telah menjadi situs jejaring sosial terpopuler kedua setelah Facebook. Di samping itu, daya saing Twitter yang tinggi membuat situs ini menjadi situs jejaring sosial yang diperhitungkan di dunia maya. Karena memang banyak sekali pengguna Twitter dari seluruh dunia.

Twitter memang merupakan jejaring sosial yang simple atau bisa dikatakan praktis. Bagaimana tidak? Dengan hanya 140 karakter maksimal dalam setiap postingan pengguna membuat isi Twitter tidak terkesan berbelit-belit. Serta tidak ada batasan antara following dan followers kian memudahkan para penggunanya dalam berteman. Dan ini pula yang memungkinkan pengguna hanya membuat satu akun saja di Twitter. Tidak perlu banyak-banyak.

Berhubung banyak sekali pengguna Twitter. Maka pastilah kita ingin akun kita memiliki banyak followers. Di samping trafik pengunjung blog kita yang kian ramai saja dari tahun ke tahun. Supaya pengunjung mengetahui akun Twitter kita dan segan-segan mem-follow karena melihat bahwa blog kita ternyata bagus.

Walaupun WordPress benar-benar melarang adanya javascript dan kode-kode sembarangan dalam situsnya. Namun, WordPress kini telah mau bekerja sama dengan Twitter untuk penambahan widget pengguna pada blog mereka masing-masing. Berikut caranya.

1. Buka situs wordpress.com. Login akun WordPress Anda.

2. Buka menu Tampilan->Widget untuk membuka laman Widget.

3. Lihat tab Widget yang Tersedia. Cari widget Twitter Timeline. Lalu seret ke sidebar yang diinginkan.

capture-20130802-161326

4. Buka widget Twitter Timeline yang sudah diseret dan diletakkan di sidebar tersebut.

5. Tinggalkan sejenak widget tadi. Klik https://twitter.com/settings/widgets/new/user untuk membuat widget Twitter untuk blog. Edit semuanya sesuai keinginan lalu klik “Save Charges”

6. Lihat tab URL di atas setelah selesai mengedit widget di akun Twitter Anda. Copy nomor ID widget Anda dan pastekan di kolom ID Widget pada widget WordPress tadi.

twitter-widget-id

capture-20130802-162301

7. Klik Simpan pada widget WordPress Anda. Dan wdget Twitter Timeline sudah terpasang di blog WordPress Anda sekalian. Seperti milik saya di sidebar kanan bawah. Selamat mencoba!

capture-20130802-162613

Untuk blog lain selain WordPress bisa langsung copy paste kode scriptnya langsung. Karena tidak ada peraturan pelarangan script secara sembarangan. Tidak seperti WordPress.

Iklan

29 thoughts on “Cara Menambahkan Widget Twitter Timeline pada WordPress”

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s