Mengenai Kurikulum 2013


Mengenai Kurikulum 2013

51cd419f0e22d

Sedikit mengulas tentang perubahan kurikulum di tahun 2013 ini. Yang oleh Kemendikbud dinamakan Kurikulum 2013. Menimbulkan tidak sedikit pro dan kontra di kalangan masyarakat luas. Dan untuk tahun ini masih dalam tahap Bahan Uji Publik yang saya rasa sebagai percobaan mengenai kurikulum baru tersebut.

Pengadaan kurikulum baru ini bertepatan dengan angkatan saya yang melanjutkan belajar ke tingkatan SMA. Sedikit membingungkan memang. Karena saya memang baru mendapatkan berita ini beberapa hari sebelum masuk SMA. Dari beberapa informasi yang saya peroleh, Kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan di SMA dibagi menjadi beberapa point penting yaitu.

  1. Mapel Wajib A
  2. Mapel Wajib B
  3. Penjurusan
  4. Peminatan

Sedikit penjelasan mengenai materi-materi yang dituntut untuk dipelajari seperti empat point di atas. masih dipecah lagi untuk semua point-nya. Untuk Mapel Wajib A terdiri atas Pendidikan Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Sejarah Indonesia, dan Bahasa Inggris. Untuk Mapel Wajib B terdiri atas Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan Prakarya dan Kewirausahaan.

BMEJpYhCQAEqKew

Belum lagi yang dua point terakhir. Yaitu adalah Penjurusan dan Peminatan. Dimana Kurikulum 2013 mengisyaraktan pemilihan penjurusan sudah dimulai sejak kelas 10 SMA. Tidak dimulai dari kelas 11 seperti yang terjadi pada kurikulum sebelumnya. Dan adanya point Peminatan, dimana peserta didik dapat memilih sekita tiga mata pelajaran yang ingin dipelajari diluar materi penjurusan. Misalkan jika sudah mendapat jurusan IPA, maka peserta didik dapat memilih pelajaran IPS seperti Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi untuk dipelajari di point Peminatan. Kalo tidak salah di point Peminatan ini diberi uji coba dua minggu untuk kecocokan. Jika dirasa tidak cocok, peserta didik dapat pindah dan memilih materi lain untuk dipelajari.

Bagaimana pula mengenai “Lintas Jurusan” selepas SMA untuk memasuki jenjang perkuliahan? Lintas jurusan adalah misalkan selama tiga tahun kita sudah masuk jurusan IPA. Namun, ketika mendaftar kuliah kita justru memilih Hubungan Sosial yang itu seharusnya untuk anak-anak IPS. Kabar dari berbagai media yang saya baca menyatakan bahwa di Kurikulum 2013 ini, lintas jurusan sudah tidak diperbolehkan lagi. Jadi, seperti rumor yang beredar bahwa anak IPA bisa memilih jurusan perkuliahan apa saja dan lebih banyak dibanding anak IPS. Itu sudah tidak berlaku lagi. Alasannya? Karena memang sudah sedari kelas 10 diajarkan tentang materi penjurusannya (IPA atau IPS). Jika pada akhirnya memilih lintas jurusan di perkuliahan nanti, ilmu tiga tahun di SMA mau dikemanain? Dengar-dengar pula Universitas Brawijaya Malang sudah tidak memperkenankan adanya pendaftar yang memilih lintas jurusan. Anak IPA harus menekuni bidang IPA. Anak IPS harus menekuni bidang IPS. Wallahu a’lam.

Iklan

2 thoughts on “Mengenai Kurikulum 2013

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s