Pusingnya mengelola Blogspot


Aduuuh, saya jadi pusing nih soal Blogspot yang saya kelola saat ini. Itu karena sudah lamaaaaa Blogspot saya ngga’ diisi dengan tulisan. Kayaknya dari saya kelas 1 SD deh. Hehe. Padahal lebih mudah menggunakan Blogspot karena ngga’ melarang widget Javascript dan bisa ganti template dengan gratis. Beda kan sama WordPress yang melarang widget Javascript. Ya itu ada alasannya yaitu JavaScript dapat digunakan untuk tujuan yang jahat. Sebagai contoh, JavaScript telah dilarang di situs seperti MySpace.com dan LiveJournal offline waktu lalu. Keamanan blog adalah prioritas utama sampai pihak WordPress dapat menjamin JavaScript tidak membahayakan maka tidak akan diizinkan. Jadi tidak menutup kemungkinan kelak WordPress mengijinkan penggunaan JavaScript.

Nah yang saya pelajari saat ini di Blogspot adalah cara mengedit template Minima yang aslinya 2 kolom menjadi 3 kolom. Caranya ya dengan mengedit HTML template. Sayangnya nih saya selalu gagal. Terus saya juga mempelajari cara supaya Blogspot punya halaman kayak di WordPress. Caranya sih saya sudah paham. Caranya adalah klik Entri Baru. Lalu klik Edit Laman dan klik Laman Baru.

Memang susah ya kalau kita beralih langsung dari blog WordPress ke Blogspot atau sebaliknya. Pasti kita selalu kesusahan mengelola jenis blog lain tersebut. Ya kalau terus belajar dan belajar pasti bisa. Tapi, saya akan berhenti saja mengelola Blogspot. Lebih baik punya 1 blog aja biar ngga’ pusing. 🙂

Iklan

16 respons untuk ‘Pusingnya mengelola Blogspot

  1. ya betul, aku pengen blogku keren dengan mengganti template tapi gagal terus. Trus di blogspot itu aku bingung dimana yaaa ngelihat blog terbaik, atau tulisan blog terbaru, dan terhangat, kayak di wordpress.

    Suka

  2. sama juga non.saya juga sudah agak lama pusing ngurusi blog saya yang diblogspot.
    salam kenal aja ya.kalau sempat mampir juga keblog saya ya. terima kasih.

    Suka

  3. setlah membandingkan blogspot ama wp dan mencoba keduanya, gue jatuhkan pilihan pada wp, emang wp.com tidak bisa dicostumize terlalu banyak kaya wp.org, tapi yg ini amat user friendly 😀

    Suka

  4. yah, mana-mana suka…
    Blogspot dan wordpress punya kelebihan masih-masih..
    setelah pernah di banned oleh keduanya, wordpress dan blogspot, saya merasa kehilangan tanpa keduanya 😀

    Suka

  5. -wordpress (hampir) nggak bisa dipake jualan^^ jadi orang yang nulis di WP relatif lebih banyak diisi oleh orang-orang yang memang kepingin nulis.

    -blogspot nggak punya fasilitas optimalisasi yang sama dengan WP (chart, statistik yang lengkap dsb)

    -juga perhatikan deh update berita dari WP, kalau ada masalah dengan fasilitas (server down dsb) mereka menanganinya dengan cepat dan serius, selalu memberikan penjelasan lengkap, laporan perkembangan situasi pada pengguna (berbayar maupun tidak) hosting lain yang berbayar pun kalah jauh dengan ini.

    jadi saya pikir kalau mau fokus ke konten dan ide, saat ini memang nggak ada pilihan lain selain WP.

    Suka

    1. Betul banget. Saya memang sebenarnya ngga’ kepingin berbisnis lewat blog (mungkin karena saya masih kecil, ngga’ mikir kesana) tapi hanya menulis.
      Iya ya. Waktu saya punya Blogspot kan tidak ada widget statistik blog. Dan harus dicari sendiri widget itu di internet…

      Suka

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s