Pusingnya mengelola Blogspot

Aduuuh, saya jadi pusing nih soal Blogspot yang saya kelola saat ini. Itu karena sudah lamaaaaa Blogspot saya ngga’ diisi dengan tulisan. Kayaknya dari saya kelas 1 SD deh. Hehe. Padahal lebih mudah menggunakan Blogspot karena ngga’ melarang widget Javascript dan bisa ganti template dengan gratis. Beda kan sama WordPress yang melarang widget Javascript. Ya itu ada alasannya yaitu JavaScript dapat digunakan untuk tujuan yang jahat. Sebagai contoh, JavaScript telah dilarang di situs seperti MySpace.com dan LiveJournal offline waktu lalu. Keamanan blog adalah prioritas utama sampai pihak WordPress dapat menjamin JavaScript tidak membahayakan maka tidak akan diizinkan. Jadi tidak menutup kemungkinan kelak WordPress mengijinkan penggunaan JavaScript.

Nah yang saya pelajari saat ini di Blogspot adalah cara mengedit template Minima yang aslinya 2 kolom menjadi 3 kolom. Caranya ya dengan mengedit HTML template. Sayangnya nih saya selalu gagal. Terus saya juga mempelajari cara supaya Blogspot punya halaman kayak di WordPress. Caranya sih saya sudah paham. Caranya adalah klik Entri Baru. Lalu klik Edit Laman dan klik Laman Baru.

Memang susah ya kalau kita beralih langsung dari blog WordPress ke Blogspot atau sebaliknya. Pasti kita selalu kesusahan mengelola jenis blog lain tersebut. Ya kalau terus belajar dan belajar pasti bisa. Tapi, saya akan berhenti saja mengelola Blogspot. Lebih baik punya 1 blog aja biar ngga’ pusing. 🙂

Iklan