Kuning telur di tengah


Telur banyak mengandung protein, lemak, mineral, dan vitamin. Telur berisi kuning telur dan putih telur. Warna putih telur sebenarnya bening agak abu-abu. Warna abu-abu itu itu disebabkan gas karbon dioksida. Sebenarnya, kuning telur dan putih telur adalah makanan yang disiapkan untuk bayi ayam.

Awalnya, bayi ayamberupa titik darah kecil. Titik darah ini biasa disebut embrio. Embrio makan kuning telur. Jika kuning telur habis, embrio makan putih telur. Sampai akhirnya, embrio berubah jadi anak ayam. Namun, tidak semua telur ayam berisi embrio. Telur yang dijual di pasar (telur komersial) tidak memiliki embrio. Telur komersial dihasikan oleh industri ayam petelur.

Telur yang berumur 1-3 hari disebut telur segar. Kuning telur segar berada di tengah putih telur. Kuning dan putih segar tampak cembung dan kental. Karena protein telur saling jalin menjalin. Tapi, jalinan protein jadi rusak setelah umur telur lebih dari tiga hari. Jalinan protein bisa rusak karena suhu udara yang panas. Jalinan protein juga rusak gara-gara embrio. Saat jalinan protein rusak, maka putih telur berubah jadi encer. Kuning telur tidak lagi berada di tengah jika putih telur encer.

Telur komersial paling baik disimpan di lemari es. Sayangnya telur komersial di Indonesia tidak selalu bersih. Kotoran ayam kadang masih menempel di cangkang telur. Cangkang telur yang kotor sangat berbahaya. Kotoran ayam mengandung bakteri penyebab sakit perut dan tifus. Cucilah tangan dengan sabun setelah memegang telur. Telur kotor jangan disimpan di kulkas agar bakteri tidak menyebar dalam kulkas. 🙂

Iklan

3 tanggapan untuk “Kuning telur di tengah

Ingin berkomentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s